Penggunaan Board Game sebagai Teknik Pengajaran untuk Membantu Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Sembilan
The Use of Board Game as a Teaching Technique for Assisting Ninth Graders’ Speaking Ability
Berbicara merupakan salah satu kemampuan bahasa inggris selain mendengarkan, membaca, dan menulis. Ini adalah kegiatan untuk menghasilkan bahasa dan betrbagai ide secara lisan. Dalam ulasan ini, para peneliti menunjukkan bahwa permainan “Board Game” yang dikemas secara menarik akan memudahkan siswa untuk berani berbicara. Cara yang digunakan yakni menggunakan kualitatif dan melakukan penelitian di salah satu sekolah MTs di Gresik. Dalam penelitian ini guru melakukan latihan pra-pengajaran, pengajaran, dan pasca-pengajaran. Penggunaan pemanfaatan “Board Game” terjadi pada saat pra-pengajaran dan pengajaran. Materi yang digunakan dalam permainan ini adalah meminta dan memberi informasi yang berhubungan dengan kondisi, kegiatan, dan latihan di masa sekarang. Pada tahap akhir guru memberikan penerapan penggunaan rubric penilaian keterampilan berbicara. Banyak siswa yang berani berbicara dan mencapai target yang diinginkan. Berdasarkan penemuan tersebut, peneliti dapat menyimpulkan bahwa “Board Game” dapat dijadikan sebagai teknik pengajaran untuk membantu siswa dalam latihan berbicara sesuai teks meminta dan memberi informasi yang berhubungan dengan kondisi, aktivitas, dan latihan saat ini.
Kata Kunci: kemampuan berbicara, permainan Board Game, teknik pengajaran.
Speaking is one of the English skills besides listening, reading, and writing. It is an activity to generate language and share ideas orally. In this study, the researches show that an attractively packaged “Board Game” will make it easier for students to speak up. The method used is using qualitative and conducting research in one of the MTs schools in Gresik. In this study, the teacher conducted pre-teaching, teaching, and post-teaching exercises. The use of “Board Game” occurs during pre-teaching and teaching. The material used in this game is to ask for and give information related to conditions, activities, and actions in the present. In the final stage, the teacher provides the application of the use of speaking skills assessment rubrics. Many students dare to speak and achieve the desired target. Based on these findings, the researcher concluded that the “Board Game” can be used as a teaching technique to help students in speaking practice particularly related to asking for and giving information about current conditions, activities, and actions.
Keywords: speaking ability, Board game, teaching technique.