KEGIATAN EKSTRAKURIKULER WAJIB KEPRAMUKAAN UNTUK KEMANDIRIAN SISWA TUNAGRAHITA
THE EXTRACURRICULAR ACTIVITIES REQUIRED OF SCOUTING FOR INDEPENDENCE MENTALLY RETARDED STUDENTS
Manfaat mandiri adalah siswa mampu mengambil keputusan dan memiliki inisiatif untuk menyelesaikan masalah sehingga akan bertanggung jawab terhadap yang dilakukan. Selain itu siswa juga lebih memiliki keinginan untuk maju demi kebaikan dirinya sendiri. Hambatan kemampuan siswa tunagrahita salah satunya kurang dalam kemandirian. Program yang diberikan untuk meningkatkan kemandirian siswa tunagrahita dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis kegiatan ekstrakurikuler wajib kepramukaan untuk kemandirian siswa tunagrahita. Sumber data yang dikumpulkan dari jurnal nasional, internasional dan buku. Teknik analisis data yang digunakan dengan pengecekan serta membaca ulang buku serta jurnal nasional dan internasional atau disebut dengan literature review . Hasil penelitian ini ditemukan aspek kegiatan yang tepat dalam pendidikan kepramukaan untuk kemandirian siswa tunagrahita. Terdapat 5 kegiatan di dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang berhubungan dengan kemandirian siswa diantaranya tali temali, baris berbaris, upacara, penjelajahan, perkemahan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan kegiatan pramuka memiiliki tujuan mengenai kemandirian yang dapat diterapkan untuk siswa tunagrahita.
Kata Kunci : Ekstrakurikuler kepramukaan, kemandirian, tunagrahita
The benefit of being independent is that students are able to make decisions and have the initiative to solve problems so that they will be responsible for what they do. In addition, students also have more desire to advance for their own good. One of the barriers to the ability of mentally retarded students is lack of independence. The program is given to increase the independence of mentally retarded students by participating in compulsory scouting extracurricular activities. This study aims to analyze the mandatory extracurricular activities of scouting for the independence of mentally retarded students. Sources of data collected from national, international journals and books. The data analysis technique used is by checking and rereading books and national and international journals or called literature review. The results of this study found the appropriate aspects of activities in scouting education for the independence of mentally retarded students. There are 5 activities in scout extracurricular activities related to student independence including rigging, marching, ceremonies, exploration, camps. So it can be concluded that scout activities have a goal of independence can be applied to mentally retarded students.
Keywords: Scout extracurricular, independence, mental retardation