The Relationship between Consumer Trust and Purchasing Decisions in E-commerce Customers
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif, yaitu untuk mencari hubungan korelasi kepercayaan konsumen (variabel X) dan keputusan pembelian (variabel Y). Subjek dari penelitian ini berjumlah 70 orang yang menggunakan lebih dari satu e-commerce, pelanggan dan konsumen e-commerce, melakukan pembelian berulang pada ecommerce, dan berusia 18-25 tahun. Penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sampling dan menggunakan analisis korelasi pearson product moment. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai korelasi sebesar 0,607 dan memiliki nilai signifikasi sebesar < 0,001 (sig<0,05). Artinya kedua variabel yang diteliti memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Nilai korelasi dari penelitian ini positif atau searah, yang bermakna semakin tinggi kepercayaan konsumen, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce. Begitu pula dengan sebaliknya, semakin rendah kepercayaan konsumen, maka semakin rendah pula keputusan pembelian pada pelanggan e-commerce.
Kata kunci: Kepercayaan konsumen, keputusan pembelian, dan pelanggan e-commerce
The purpose of this study was to determine the relationship between consumer trust and purchasing decisions in e-commerce customers. This study uses an associative quantitative method, namely to find a correlation relationship between consumer trust (variable X) and purchasing decisions (variable Y). The subjects of this study amounted to 70 people who used more than one e-commerce, e-commerce customers and consumers, made repeated purchases on e-commerce, and were aged 18- 25 years. This study uses purposive sampling technique and uses Pearson product moment correlation analysis. The results of the study showed a correlation value of 0.607 and had a significant value of <0.001 (sig <0.05). This means that the two variables studied have a strong and significant relationship. It can be concluded that there is a relationship between consumer trust and purchasing decisions for e-commerce customers. The correlation value of this study is positive or unidirectional, which means that the higher the consumer trust, the higher the purchasing decisions of e-commerce customers. Likewise, on the contrary, the lower the consumer trust, the lower the purchasing decisions of e-commerce customers
Key word : Consumer trust, purchasing decisions, and e-commerce customers