ABSTRAK
Sujarno,
Nonot. 2025. Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran
Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaringan
Komputer di SMK Negeri Margomulyo. Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi
dan Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof.
Dr. Ekohariadi, M.Pd. Pembimbing: (II) Dr. Meini Sondang Sumbawati, M.Pd.
Kata kunci : Google Sites , Gaya Belajar, Diferensiasi konten,
Media Pembelajaran.
Pendidikan di Indonesia kini berhadapan dengan sejumlah tantangan
signifikan dalam mencetak lulusan yang dapat bersaing di pasar kerja. Untuk
membantu siswa memahami apa yang diajarkan dan dijelaskan oleh pendidik,
diperlukan pengalaman belajar yang inovatif dan kreatif. Penggunaan media pembelajaran
diferensiasi konten sesuai dengan atribut gaya belajar model VARK. Informasi
ini terutama berkaitan dengan Generasi Z, karena materi pembelajaran konvensional
mulai digantikan dengan materi pembelajaran digital. Tujuan dari studi ini
adalah untuk menilai sejauh mana kegunaan dan efisiensi Google Sites sebagai
sarana pembelajaran yang berbeda, serta untuk mengkontraskan penggunaan Google
Sites sebagai alat pembelajaran yang berbeda dibandingkan dengan pemanfaatan
media Power Point dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Desain Kelompok Kontrol Non-ekuivalen Pretest dan Posttest menjadi landasan
penelitian ini. Kelas DKV (eksperimen) dan kelas AKL (kontrol) adalah dua
kelompok yang dipisahkan. Untuk menunjukkan bahwa kedua unsur analisis tersebut
dapat menunjukkan kebenaran hipotesis penelitian, maka penelitian ini. fokus
pada pengujian validitas kepraktisan dan validitas efektivitas media.
Data yang digunakan valid dan reliabel, sesuai dengan hasil uji
validitas dan reliabilitas; uji homogenitas data menunjukkan data homogen, dan
uji normalitas data menunjukkan data berdistribusi normal. Mengingat nilai
P-Value uji anova sebesar 0,0258 lebih kecil dari α =
0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas
eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan H1 diterima.
Dari kedua analisis di atas terlihat jelas bahwa pemanfaatan materi
pembelajaran Google Sites berbeda dengan penggunaan materi pembelajaran Power
Point ditinjau dari hasil belajar yang dicapai siswa.