Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan inte r pretasi, analisis dan inferensi siswa
yang dilatihkan melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia di SMAN 1 Driyorejo . Rancangan
penelitian ini yaitu menggunakan one
group pre-test and post-test design . Data yang diperoleh adalah
keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa ,
peningkatan keterampilan interpretasi, analisis dan inferensi siswa , hasil belajar dan respon siswa melalui penerapan
model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia. D apat disimpulkan
dalam penelitian ini bahwa (1) keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 85,20%,
pertemuan kedua sebesar 91,76%, dan pertemuan ketiga sebesar 91,61% dengan
kriteria baik, (2) aktivitas siswa selama pembelajaran mendapatkan hasil
pada pertemuan pertama 97,3%, pertemuan kedua sebesar 97,83%, dan pertemuan ketiga sebesar 97,83%,
aktivitas siswa mendukung pembelajaran untuk melatihkan keterampilan
interpretasi, analisis dan inferensi siswa (3) keterampilan interpretasi, analisis dan inferensi
siswa dalam proses belajar mengajar mendapatkan skor N-gain keterampilan interpretasi
sebanyak 54,29% dalam kriteria tinggi, dan 45,71% dalam kriteria sedang, keterampilan analisis
sebanyak 42,86% dalam kriteria tinggi dan 57,14% dalam kriteria sedang, dan
keterampilan inferensi sebanyak 42,86% dalam kriteria tinggi dan 57,14% dalam
kriteria sedang. (4) hasil belajar siswa ranah pengetahuan mengalami
peningkatan dengan
skor N-gain sebanyak 28,57% dalam
kriteria sedang dan sebanyak 71,43% dalam kriteria tinggi, dan didukung juga
persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,57%, (5) Respon siswa
mendapatkan persentase sebesar 97,14%
sehingga respon siswa mendapatkan hasil positif.
Kata
Kunci : Inkuiri Terbimbing,
Keterampilan Interpretasi Analisis dan Inferensi, Kesetimbangan Kimia