MAKNA PENGGUNAAN MAKE UP SEBAGAI PENAMPILAN DIRI BAGI WANITA PROFESI MODEL DI SZ MODEL MANAGEMENT SURABAYA
Abstrak
Penampilan adalah faktor yang terpenting dalam hidup seorang wanita profesi model. Salah satu usaha yang dilakukan wanita profesi model untuk menunjang penampilan adalah penggunaan make up. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui : 1) faktor yang mendasari penggunaan make up, 2) faktor yang menunjang penampilan diri, 3) makna penggunaan makeup sebagai penampilan diri bagi wanita profesi model. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang dihasilkan dari metode penelitian kualitatif berupa data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kepustakaan. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian wanita profesi model pengguna make up. Analisis data menggunakan interaktif Huberan dan Miles. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan make up dikarena faktor internal yaitu menutupi kekurangan wajah dan kesukaan terhadap make up, dan faktor eksternal yaitu pengaruh lingkungan dan tuntutan dalam pekerjaan. Faktor yang menunjang penampilan diri adalah faktor fisik, sikap atau pembawaan, kebersihan, kesehaan, cara berjalan, cara duduk, cara makan, dan berbusana. Makna penggunaan make up adalah mendapat perhatian, menunjang karir, untuk tampil sempurna dan percaya diri.
Kata kunci : make up, penampilan diri, wanita model.
Abstract
Appearance is the most important factor in the life of a model profession woman. One of the efforts made by a model profession woman to support her appearance is the use of makeup. The purpose of this study is to find out: 1) the factors that underlie the use of makeup, 2) the factors that support self-appearance, 3) the meaning of the use of makeup as self-appearance for women model professions. This study uses qualitative research with a phenomenological approach. Data generated from qualitative research methods in the form of descriptive data. Data collection techniques used were interviews and literature. The sampling technique uses purposive sampling. The subject of the research is women's profession model user make up. Data analysis uses interactive Huberan and Miles. The results showed that the use of makeup because of internal factors, namely covering the face shortcomings and liking for make up, and external factors namely the influence of the environment and demands in work. Factors that support personal appearance are physical factors, attitude or nature, cleanliness, health, how to walk, how to sit, how to eat, and dress. The meaning of using makeup is getting attention, supporting a career, to look perfect and confident.
Key words: make up, self appearance, woman model.