ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini
adalah mengembangkan dan mengahasilkan media pembelajaran berupa media Audio
Visual yang layak digunakan pada materi Pengoperasian Aplikasi Pengolah Citra
Vector pada mata pelajaran Pengolahan Citra Digital dan efektif dalam
meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 3
Surabaya.
Model pengembangan media
ini menggunakan model Research & Development (R&D). Metode pengumpulan
data ini menggunakan instrument wawancara, angket, dan tes. Pada hasil analisis
data dari uji kelayakan media audio visual kepada ahli materi mendapatkan hasil
yang dapat dikategorikan sangat baik., dan dari uji kelayakan media audio
visual kepada ahli media mendapatkan hasil yang dapat dikategorikan sangat
baik. Sedangkan dari uji coba perseorangan kepada 3 orang siswa mendapatkan
hasil 96,2 %, uji coba kelompok kecil kepada 9 orang siswa mendapatkan hasil
93,8 %, dan uji coba kelompok besar kepada 30 orang siswa mendapatkan hasil
99,8 %. Sehingga dapat dinyatakan media
audio visual pada mata pelajaran Pengolahan Citra Digital ini layak dalam
proses pembelajaran
Pada hasil analisis data
dari uji keefektifan media audio visual menggunakan uji T dengan dk (N-1) maka
didapat dk (30-1=29) dibandingkan dengan tabel nilai T (Dengan nilai 0,05 harga
T=1,699), dan mendapatkan hasil T hitung lebih besar daripada T tabel
(5,164>1,699). Sehingga dapat dinyatakan media audio visual ini efektif apabila digunakan dalam mata
pelajaran Pengolahan Citra Digital materi pokok Pengoperasian Aplikasi Pengolah
Citra Vektor.
Kata
kunci : Media, Audio Visual, Pengolahan Citra Digital , Pengoperasian Aplikasi Pengolah Citra
Digital.