PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK UNTUK PEMBELAJARAN MATERI RUANG LINGKUP ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
DEVELOPMENT OF FLIPBOOK-BASED E-MODULES FOR LEARNING MATERIALS SCOPE OF PERSONNEL ADMINISTRATION
Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran memungkinkan peserta didik untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan untuk membantu menemukan pengetahuan dan kegiatan belajarnya. Pengadaan penelitian bertujuan untuk melakukan pengembangan pada e-modul dengan basis flipbook di mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian dengan materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian. Metode pengembangan ini dengan model 4-D yakni define, design, develop dan disseminate. Penelitian sampai tahap pengembangan saja. Tahap disseminate tidak dilaksanakan sebab produk hanya terbatas penggunaannya pada peserta didik kelas XI OTKP SMK Negeri Kota Kediri pada materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian. Pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi materi, bahasa dan grafis serta uji coba e-modul terhadap peserta didik. Analisis data menggunakan perhitungan persentase deskriptif. Uji validasi oleh ahli materi, bahasa dan grafis hingga hasilnya disebutkan valid dan layak dilakukan pengujian coba. Uji coba e-modul dengan menerapkan basis flipbook ini diketahui melalui hasil pengujian coba pada 35 siswa. Kevalidan dan kelayakane-modul diketahui dari hasil uji validasi dan hasil respon siswa dengan kategori valid dan sangat layak. Berlandaskan dengan hasil tersebut maka bisa ditarik kesimpulan bahwasanya pengembangan e-modul dengan menerapkan basis flipbook untuk pembelajaran materi Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian ini ditetapkan valid dan sangat layak diterapkan dalam pembelajaran.
The use of technology in the learning process allows students to access the information they need to help find knowledge and learning activities. Procurement of research aims to develop an e-module with a flipbook basis in the subject of Automation of Personnel Governance with the material Scope of Personnel Administration. This development method uses a 4-D model, namely define, design, develop and disseminate. Research up to the development stage only. The disseminate stage was not carried out because the use of the product was only limited to class XI OTKP students at the State Vocational School of Kediri City on the subject matter of the Scope of Personnel Administration. Data collection was carried out by means of material, language and graphic validation tests as well as e-module trials on students. Data analysis used descriptive percentage calculation. Validation test by material, language and graphic experts until the results are stated to be valid and worthy of trial testing. The e-module trial by applying the flipbook basis is known through the results of testing on 35 students. The validity and feasibility of the e-module is known from the results of the validation test and the results of student responses in the valid and very feasible categories. Based on these results, it can be concluded that the development of e-modules by applying the flipbook basis for learning the Scope of Personnel Administration material is determined to be valid and very feasible to be applied in learning.