The Effect Of Circuit Game Learning To Increase Students Physical Fitness And Learning Motivation In PJOK Learning
Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran sirkuit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain atau rancangan dalam penelitian ini matching only design. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan melakukan undian secara acak. Hasil uji paired sample t-test dalam kelompok eksperimen menunjukkan pengaruh yang signifikanpada variabel kebugaran jasmani memiliki signifikansi 0,000 dengan peningkatan sebesar 11% dan motivasi belajar memiliki signifikansi 0,000. Dengan peningkatan 10%. Dengan demikian, disimpulkan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran permainan sirkuit pada pembelajaran PJOK dapat meningkatkan kebugaran jasmani dan motivasi belajar.
Kata kunci: Permainan Sirkuit, Kebugaran Jasmani, Motivasi Belajar
This study aims to help improve physical fitness and learning motivation by using a circuit game learning model in PJOK learningThe method used in this research is experimental research with a quantitative approach. The design in this study used matching only design. The sample selection used cluster random sampling technique randomly.The results of paired sample t-test in the experimental group showed a significant effect on the variable physical fitness had a significance of 0,000 with an increase of 11% and learning motivation had a significance of 0,000 with an increase of 10%. Thus, it is concluded from this study that the learning that the circuits learning model in PJOK learning can improve physical fitness and learning motivation.
Keywords: circuit leraning model, physical fitness, and learning motivation