Analisis Faktor yang Mempengaruhi Intensi Pengguna Shopeefood pada Aplikasi Shopee Menggunakan Metode UTAUT
Analysis of Factors Affecting Shopeefood User Intentions on the Shopee Application Using the UTAUT Method
Shopee memiliki layanan online food delivery bernama shopeefood. Berdasarkan data pada SimilarWeb selama Agustus 2021 tingkat kunjungan shopee mencapai 26,92 juta pengguna aplikasi aktif dimana pengguna tersebut mengakses dari perangkat mobile android dan mencapai jumlah 100 juta pengunduh. Shopeefood merupakan jasa layanan pesan antar makanan online yang menawarkan berbagai macam promo dan gratis ongkir sehingga dapat menarik pengguna. Dengan adanya jasa layanan pesan antar makanan online memudahkan pengguna untuk membeli makanan tanpa harus datang ke tempat dengan metode pembayaran yang mudah seperti Shopeepay atau Cash on Delivery (CoD). Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dalam emnggunakan layanan shopeefood di Kota Surabaya terdapat faktor yang mempengaruhi penggunanya dengan metode UTAUT 2 sebagai acuan penelitian yang memiliki tujuh variabel independen dan satu variabel dependen. Didapatkan hasil dimana semua variabel UTAUT 2 yaitu performance expectancy, facilitating conditions, effort expectancy, hedonic motivation, social influence, price value, dan habit berpengaruh positif signifikan terhadap behavioural intention to use shopeefood di Kota Surabaya. Sebesar 56,9% variabel tersebut mempengaruhi intensi pengguna shopeefood di Kota Surabaya dan 43,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diketahui.
Kata Kunci— Shopeefood, Faktor Intensi, Food Delivery, Intention to Use, Behavioural Intention, UTAUT, UTAUT 2
Shopee has an online food delivery service called shopeefood. Based on data on SimilarWeb during August 2021, the shopee visit rate reached 26.92 million active application users, where these users access from mobile and reached 100 million downloads. Shopeefood is an online food delivery service that offers various promos and free shipping so that it can attract users. With online food delivery services, it is easier for users to buy food without having to come to a place with easy payment methods such as Shopeepay or Cash on Delivery (CoD). This study aims to determine whether in using shopeefood services in the city of Surabaya there are factors that influence users with the UTAUT 2 method as a research reference which has seven independent variables and one dependent variable. The results obtained where all UTAUT 2 variables, namely performance expectancy, facilitating conditions, effort expectancy, hedonic motivation, social influence, price value, and habit have a significant positive effect on behavioral intention to use shopeefood in the city of Surabaya. 56.9% of these variables affect the intention of shopeefood users in the city of Surabaya and 43.1% are influenced by other unknown factors.
Kata Kunci— Shopeefood, Intention Factors, Food Delivery, Intention to Use, Behavioural Intention, UTAUT, UTAUT 2