Persepsi dan Motivasi Siswa EFL Terhadap Quizizz Sebagai Media E-Learning di Kelas Bahasa Inggris
EFL Students' Perception and Motivation Toward Quizizz as E-Learning Media in English E-Classroom
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan motivasi siswa EFL terhadap Quizizz sebagai media e-learning dalam kelas bahasa Inggris. Total peserta dalam penelitian ini terdapat 106 siswa kelas 11 Sekolah Menengah Atas terdiri dari lima kelas yang telah memiliki pengalaman terhadap penggunaan Quizizz. Pendekatan deskriptif statistik diterapkan dalam penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS versi 25.00. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa EFL memiliki persepsi dan motivasi yang positif terhadap Quizizz. Oleh karena itu, Quizizz sebagai media e-learning di kelas Bahasa Inggris sangat mendukung proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa Quizizz adalah media e-learning yang sesuai dan dapat digunakan dalam kelas bahasa Inggris serta dapat meningkatkan motivasi siswa EFL selama e-learning.
This study investigates the English as Foreign Language (EFL) students' perception and motivation toward Quizizz as e-learning media in English e-classroom. The total number of participants in this study is 106 students of 11th graders of Senior High School consist of five classes who had experience toward Quizizz. A descriptive statistics approach is applied in this study. The data collected by using closed-ended questionnaire. The obtained data were analyzed by using SPSS version 25.00. The result shows most of EFL students had positive perception and motivation toward Quizizz. Therefore, Quizizz as e-learning media can support the learning process in English e-classroom. It indicates that Quizizz is an appropriate e-learning media that can be used in English e-classroom and it can increase EFL students’ motivation during e-learning.