Keterampilan menulis merupakan suatu keterampilan yang diajarkan di sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa yang kesulitan menulis cerita. Sehingga diperlukan adanya media atau alat peraga yang dapat digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar lebih mudah diterima siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adanya pengaruh media kertas balik terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV sekolah dasar se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain Quasi-Experimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas IV SD se-Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Sedangkan sampel yang dipilih menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu SDN Sumurwelut III/440 Surabaya dan SDN Lidah Kulon I/464 Surabaya sebagai kelompok eksperimen, serta SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya dan SDN Jeruk I/469 Surabaya sebagai kelompok kontrol. Instrumen untuk mengumpulkan data yaitu menulis cerita berupa pre-test dan post-test dan lembar observasi. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validasi dan uji reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji gain ternormalisasi (g) dan hasil observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji validitas oleh 2 ahli validator menyatakan bahwa instrumen layak digunakan untuk penelitian. Kemudian dilakukan uji reliabilitas terhadap lembar observasi yang akan digunakan. Hasil uji reliabilitas di SDN Lidah Kulon I sebesar 0,76 dan di SDN Sumur Welut III sebesar 0,88 artinya lembar observasi yang digunakan sudah reliabel. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa sampel sudah terdistribusi normal dengan ttabel (5% = 51,7) > thitung = 31,118 < ttabel 1% = 45,4. Hasil uji t sampel berpasangan diperoleh bahwa nilai ttabel (5% = 2,000) < thitung = 2,945 > ttabel (1% = 2,660) maka ada perbedaan hasil menulis siswa antara pte-test dengan post-test. Hasil uji gain ternormalisasi (g) yang menunjukkan kelompok kontrol 0,00 < 0,2731 < 0,30 termasuk kategori rendah dan kelompok eksperimen 0,00 < 0,5195 < 0,70 termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kertas balik berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa. Pengaruh penggunaan media kertas balik terhadap keterampilan menulis lebih tinggi daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media kertas balik.
The skill of writing is a skill taught language in elementary school. To doing writing exercise can doing with writing some experience in form of story. But, there are still difficult to many students to writing some stories. Teacher needs a media or supporting tools to teach student to be more easily accepted by student. The purpose of this study is to describe the effect of using flip paper media in to the writing skills in elementary school for fourth grade students throughout the District Lakarsantri Surabaya.
This research uses experimental research with Quasi Experimental Design kind of nonequivalent control group design. The population used is all fourth grade students of elementary school sub-district Lakarsantri Surabaya. While the sample is selected using non-random sample (purposive sampling) there is SDN Sumur Welut III/440 Surabaya and SDN Lidah Kulon I/464 Surabaya as the experimental group, and SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya and SDN Jeruk I/469 Surabaya as the control group. The instrument used to collect data is wrote the story in the form of pre-test and post-test for the control and experimental group, and observation sheet. Analytical technique instrument using a validation test and reliability test. The data analysis technique using normality test, homogeneity test, test hypotheses, test the normalized gain (g), and observation result.
The results showed that the test validity by two experts validator state that the instrument is suitable for use in research. Then do the test reliability of the observation sheet that is used. Reliability test result in SDN Lidah Kulon I is 0,76 while in SDN Sumur Welut III is 0,88. This indicated that the observation sheet used is reliable. Normality test results showed that the samples had normal distribution with ttabel (5% = 51,7) > thitung = 31,118 < ttabel 1% = 45,4. Paired-t test results showed that the value of ttable (5% = 2,000) < ttest = 2,945 > ttable (1% = 2,660), so there is differences in pre-test to post-test result. The test results normalized gain (g) showing the results of calculation for the control group 0,00 < 0,2731 < 0,30, including the low category and for the experimental group was 0,00 < 0,5195 < 0,70, medium category. Based on these results it can be concluded that the use of flip paper media has an influence on the writing skills of students. The effect of using flip paper media to the writing skills are higher than on learning that do not use the media.