ABSTRAK
KESALAHAN SISWA SLOW LEARNER DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG BERKAITAN DENGAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT
Bilangan bulat penting untuk dikuasai siswa karena sebagai dasar untuk membangun pengetahuan matematika pada jenjang yang lebih tinggi. Namun, siswa pada jenjang SD dan SMP masih melakukan kesalahan dalam operasi hitung bilangan bulat. Jika siswa reguler melakukan kesalahan, maka siswa slow learner juga dapat melakukan hal yang sama. Hal tersebut menandakan bahwa konsep bilangan bulat belum sepenuhnya dikuasai siswa. Pada pendidikan inklusi, siswa slow learner masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita, sehingga tugas dalam penelitian ini disajikan dalam bentuk soal cerita untuk mengungkap kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat. Untuk mengurangi penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa slow learner, diperlukan analisis kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan 6 subjek slow learner yang diberi tugas terkait operasi hitung bilangan bulat. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa slow learner dalam melakukan operasi hitung bilangan bulat terletak pada kesalahan membaca (Reading Error), kesalahan pemahaman (Comprehension Error), kesalahan transformasi (Transformation Error), kesalahan keterampilan proses (Process Skills Error), dan kesalahan dalam menuliskan jawaban (encoding error). Jenis kesalahan yang dilakukan adalah kesalahan mengartikan bahasa (misinterpreted language), kesalahan solusi karena tidak diverifikasi (unverified solution), dan kesalahan teknis (technical error). Dari letak dan jenis kesalahan yang dilakukan, dapat diidentifikasi faktor penyebab kesalahan dan berdasarkan hal ini solusi alternatif diajukan, dengan harapan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa slow learner dapat dikurangi dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Kesalahan, Siswa Slow Learner, Operasi Hitung Bilangan Bulat.
ABSTRACT
SLOW LEARNER STUDENTS’ ERRORS IN SOLVING WORD PROBLEMS RELATED TO INTEGER OPERATIONS
Integer is important to be mastered by students because it is the basis for developing mathematical knowledge of the next level. However, students at elementary and junior high school made mistakes in integer operations. If regular students made mistakes, slow learner students can also do the same. This indicates that the concept of integers has not been fully mastered by students. In inclusive education, slow learner students still make mistakes in solving word problems, thus the assignments in this study are presented in word questions to reveal errors made, related to integer operations. To reduce the cause of errors made by the slow learner students, error analysis is needed. This research is a qualitative descriptive study with 6 slow learner subjects who were given tasks related to integer operations. Data collection is done by giving tasks and interviews. The results of this study indicate that the fault of slow learner students in performing integer operations lies in reading errors, comprehension errors, transformation errors, process skills errors, and encoding errors. While the types of errors made are errors in misinterpreting language, unverified solution, and technical errors. From the mistakes made, the cause factors can be identified and based on these, alternative solutions have been proposed, so that mistakes made by slow learner students may be reduced in the learning process.
Keywords: Errors, Slow Learner Students, Integer Operations.