Kata Kunci: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, dan Band
SMP Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro menerapkan pembelajaran ekstrakurikuler musik band untuk siswi putri. Hal ini menjadi berbeda dengan ekstrakurikuler band pada umumnya yang mayoritas anggotanya siswa laki-laki. Pada pembelajaran ekstrakurikuler tersebut dalam satu grup band memerlukan kerja sama antar anggota yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis merumuskan permasalahan tentang bagaimana pembelajaran ekstrakurikuler band putri SMP Negeri 1 Ngraho, apa saja faktor-faktor pendukung dan bagaimana hasil pembelajaran ekstrakuriler band putri.
Pendekatan pelitian kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Objek penelitian yakni pembelajaran ekstrakurikuler band putri di SMP Negeri 1 Ngraho. Subjek penelitian yakni siswi kelas VII yang mengikuti ekstrakurikuler band putri. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Ngraho, Jalan Raya Bojonegoro No.613 Kabupaten Bojonegoro. Sumber data primer diperoleh dari Ahmad Tulus Prabowo selaku pelatih ekstrakurikuler band putri dan Ali Magfur selaku Kepala Sekolah. Data sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Untuk mendapatkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi data yang diperoleh dari wawancara, observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung serta dokumen-dokumen seperti buku catatan siswa, foto-foto pendukung kegiatan ekstrakurikuler band putri. Triangulasi sumber yang diperoleh dari Ahmad Tulus Prabowo selaku pelatih, siswi putri kelas VII yang mengikuti ekstrakurikuler band putri, Ali Magfur selaku Kepala Sekolah. Triangulasi waktu untuk melihat konsistensi jawaban yang telah diberikan oleh narasumber sehingga dapat mengetahui tingkat kevalidan data.
Hasil penelitian tentang proses pembelajaran ekstrakurikuler band putri pada siswi SMP Negeri 1 Ngraho yaitu materi pengenalan alat musik band yaitu gitar, bas, piano, dan drum, pembelajaran lagu secara individu maupun kelompok dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan latihan. Hasil pembelajaran menunjukan adanya kemampuan siswa untuk berinteraksi dengan sesama anggota grup band, mengasah kemampuan siswa dalam bidang bermusik, dan dapat menumbuhkan kemampuan siswa untuk disiplin, serta bertanggung jawab tidak hanya dalam kegiatan ekstrakurikuler band saja, namun dikegiatan sehari-hari dengan melalui pendekatan pengembangan individu, penggunaan media, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode drill (latihan).
keyword: Learning, Extracurriculer, Band
SMP Negeri 1 Ngraho in Bojonegoro Regency applied band music extracurricular learning for female students. This is different from extracurricular bands in general, which are mostly members of male students. In extracurricular learning in a band requires cooperation between members who can develop students' creativity.based on these phenomena, the authors formulated the problem of how to extracurricular learning at the Ngraho Middle School 1 Junior High School, then what are the supporting factors and how the extracurricular learning outcomes of the daughter's band.
This research is included in qualitative research to produce descriptive data.the object of research is the extracurricular learning of women's bands at Ngraho 1 Public Middle School. The subjects of the study were seventh grade students who joined the princess band extracurricular. The research location was at Ngraho 1 Public Middle School, Jalan Raya Bojonegoro No.613 in Bojonegoro Regency. The primary data source was obtained from Ahmad Tulus Prabowo as the female band's extracurricular trainer and Ali Magfur as the Principal.secondary data obtained through observation, interviews, and documentation.
To obtain the validity of the data, this study uses data triangulation obtained from interviews, observations during the learning process and documents such as student notebooks, photographs supporting female band extracurricular activities.source triangulation obtained from Ahmad Tulus Prabowo as the trainer, female class VII student who joined the princess band extracurricular, Ali Magfur as the Principal.Time triangulation obtained during the study took place to see the consistency of the answers given by the speakers so that they could determine the validity level of the data.
The results of the research on the process of extracurricular learning for female bands on students of Ngraho 1 Public Middle School were with the introduction of band musical instruments, learning songs individually or in groups using lecture, demonstration and practice methods.the learning outcomes show the ability of students to interact with fellow band members, sharpen students 'abilities in the field of music, and can grow students' ability to discipline, and be responsible not only in band extracurricular activities, but also in daily activities through a development approach individuals, media use, and learning evaluation using lecture methods, demonstration methods, discussion methods, and drill (training) methods.