Salah satu potensi yang mulai berkembang saat ini adalah wisata kuliner. Beragam macam jenis kuliner ada di Jawa Timur, mulai dari kuliner makanan khas daerah dan juga kuliner jajanan khas daerah atau oleh-oleh. Setiap jenis kuliner memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang memerlukan kemasan dan ada juga yang tidak memerlukan kemasan. Dalam kaitannya dengan pariwisata dan perdagangan, tentu saja dalam rangka memenuhi pendapatan negara dalam pemasaran sebuah produk, maka diperlukan sebuah kemasan yang memadai agar produk bisa lebih tahan lama dan tetap terjaga utuh.
Home Industry MA. Admirul Ayub merupakan industri rumahan yang didirikan oleh bapak Agus sejak tahun 1889. Home industry yang beralamat di Jl. Dr. Sutomo No.150 Kecamatan Padangan, Bojonegoro. Indutsri rumahan milik bapak Agus ini memproduksi Ledre Super yang merupakan oleh-oleh khas Bojonegoro. Maka dari itu diperlukannya sebuah kemasan yang memiliki ciri khas dan visual yang menarik untuk merebut perhatian pembeli dan dapat bersaing dengan produk lain yang ada pada saat ini.
Masalah yang akan dikaji dalam penelitian dan perancangan ini adalah: Bagaimana konsep perancangan desain kemasan Ledre Super Bojonegoro, Bagaimana proses perancangan desain kemasan Ledre Super Bojonegoro, Bagaimana visualisasi dan penerapan rancangan desain kemasan Ledre super Bojonegoro.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melalui beberapa cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisi SWOT (strenght, wekaness, opportunity, treath) dan USP (unique selling propotition).
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Home Industry MA. Admirul Ayub sudah dikenal luas oleh berbagai kalangan masyarakat akan produknya yaitu Ledre Super Bojonegoro. Namun disisi lain citra dari kemasan ledre super MA. Admirul Ayub kurang menunjukan citra yang baik terhadap produknya, seharusnya kemasan yang baik dapat melindungi produk dengan baik dan dapat mencerminkan citra yang baik bagi produknya.
Bentuk dari perancangan desain kemasan Ledre Super Bojonegoro dibuat dengan konsep kemasan yang unik, praktis, dan memiliki nilai estetika yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman, tentu juga dengan menggunakan material yang ramah lingkungan. Konsep kemasan lebih mengedepankan bentuk yang pas sesuai dengan produk sehingga produk tetap pada kualitasnya. Desain dibuat dengan elemen visual berupa karakter dari sebuah kesenian tradisional dari Bojonegoro yaitu Seni Sandur. Hal tersebut bertujuan selain untuk kebutuhan visual juga sebagai media promosi untuk mengenalkan kesenian tersebut. Dalam perancangan ini dihasilkan delapan desain kemasan dengan karakter yang ada pada Sandur sesuai jumlah varian rasa pada Ledre Super, selain itu juga dirancang bebrapa item sebagai media pendukung yang berupa, poster, Xbanner, Totebag, Mug, Sticker, Display Produk, dan Feed untuk Media Sosial, yang berfungsi sebagai media promosi dari Ledre Super.
Hasil perancangan desain kemasan Ledre Super Bojonegoro ini diharapkan mampu dikenal luas oleh konsumen dan mampu bersain dengan produk-produk yang ada pada saat ini
One of the potentials that is developing now is culinary tourism. There are various types of culinary in East Java, starting from the culinary specialties of the region and also the culinary specialties of the region or souvenirs. Each type of culinary has different characteristics. Some need packaging and some don't require packaging. In relation to tourism and trade, of course in order to meet the State's income in marketing a product, an adequate package is needed so that the product can be more durable and remain intact.
Home Industry MA. Admirul Ayub that was founded by Mr. Agus since 1889. Home industry is located at Jl. Dr. Sutomo No.150 Padangan, Bojonegoro. Mr. Agus's home industry produces Ledre Super which is a special gift from Bojonegoro. So from that we need a package that has unique characteristics and attractive visuals to grab the attention of buyers and can compete with other products that exist at the moment
The problems that will be studied in this research and design are: How to design the Ledre Super Bojonegoro packaging design concept, How to design the Ledre Super Bojonegoro packaging design, How to visualize and apply the design of the Bojonegoro Ledre super packaging design.
The research method used is a qualitative method through several ways, namely interviews, observation, and documentation. The analysis technique used in this study is SWOT analysis (strenght, wekaness, opportunity, treath) and USP (unique selling propotition).
From the results of this study it can be concluded that Home Industry MA. Admirul Ayub has been widely known by various groups of people for their products, namely Ledre Super Bojonegoro. But on the other hand the image of the Ledre Super packaging by MA. Admirul Ayub lacks a good image of the product, good packaging should protect the product well and can reflect a good image for the product.
The form of the Ledre Super Bojonegoro packaging design is made with a unique, practical, and has aesthetic value that is more in line with the times, of course by using environmentally friendly materials. The packaging concept puts forward the right form according to the product so that the product remains in its quality. The design is made with visual elements in the form of characters from a traditional art from Bojonegoro, namely Sandur. It aims at other than for visual needs as well as a media campaign to introduce the art. In this design eight packaging designs were produced with characters in Sandur according to the number of flavor variants in Ledre Super, besides that, some items were designed as supporting media in the form of posters, Xbanner, Totebag, Mugs, Sticker, Product Display, and Feed for Media Social, which serves as a media campaign from Ledre Super.
The results of the packaging design Ledre Super Bojonegoro are expected to be widely known to consumers and able to design with the products that exist at this time.