PERAN PANTI ASUHAN MELALUI PENDIDIKAN KEAGAMAAN BAGI BONEK DI KABUPATEN SIDOARJO
ROLE OF ORPHANAGE IN THROUGH RELIGIOUS EDUCATION FOR BONEKS IN SIDOARJO DISTRICT
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu, masih banyaknya kekurangan dalam pemerataan pendidikan di Indonesia menggerakkan lembaga sosial non pemerintah turut andil dalam mengentaskan pendidikan bagi anak-anak yang kurang mampu demi mewujudkan masyarakat yang berpendidikan. Salah satu Lembaga sosial itu adalah panti asuhan bonek. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran pengelola panti asuhan melalui pendidikan keagamaan bagi bonek di Kabupaten Sidoarjo, serta mendeskripsikan tentang faktor penghambat dan pendukung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah pengelola panti asuhan, dan anak asuh panti asuhan bonek. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pentingnya peran panti asuhan dalam menanamkan nilai kerohanian melalui pendidikan keagamaan, dengan memberikan bimbingan kemandirian, pelayanan sosial, bimbingan fisik dan mental bagi anak asuh. Sehingga diharapkan mampu membekali anak asuhnya dengan kebutuhan yang dibutuhkan mereka. Faktor pendukung antara lain, sarana dan prasarana, pengurus atau pengelola yang kompeten, serta pihak luar yang juga cukup berpengaruh. Faktor penghambat ialah, perbedaan jenjang sekolah pada anak asuh, dan perbedaan pola asuh sebelumnya pada anak-anak tersebut, karena mereka pun berasal dari latar belakang yang berbeda-beda.
Kata Kunci: peran panti asuhan, pendidikan keagamaan.
Education is important for every individual, there are still many shortcomings in the distribution of education in Indonesia, moving non-governmental social institutions contribute to alleviating education for children who are less able to realize an educated society. One of the social institutions is the orphanage. The purpose of this research is to describe the role of orphanage management through religious education for puppets in Sidoarjo regency and to describe the inhibiting and supporting factors. This study uses qualitative methods, the informants in this study are the managers of the orphanage and the orphanage foster children. Data collected through interviews, observation, and documentation. Data analysis uses data display, data reduction, and concluding. The results showed the important role of orphanages in instilling spiritual values through religious education, by providing independence guidance, social services, physical and mental guidance for foster children. So it is expected to be able to equip foster children with the needs they need. Supporting factors include facilities and infrastructure, competent management or manager, as well as outsiders who are also quite influential. The inhibiting factor is, the different levels of schooling in foster children, and differences in previous parenting in these children because they also come from different backgrounds.
Keywords: the role of the orphanage, religious education.