Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multisitus PAUD Di Kabupaten Gresik)
Indah Noer Ashfarina. 2024. Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Multisitus PAUD di Kabupaten Gresik). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Soedjarwo, M. S, (II) Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M. Si
Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini di TK Al Ibrah Gresik dan TK Matahari Terbit Proklamasi Gresik, yang meliputi 1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka mulai dari tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di TK Al Ibrah Gresik dan TK Matahari Terbit Proklamasi Gresik, 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka di TK Al Ibrah Gresik dan TK Matahari Terbit Proklamasi Gresik, 3) Bagaimana dampak impelementasi kurikulum merdeka di TK Al Ibrah Gresik dan TK Matahari Terbit Proklamasi Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni kondensasi data, penyajian data (display data), dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian terkait implementasi kurikulum merdeka pendidikan anak usia dini (Studi Multisitus PAUD Kabupaten Gresik) menunjukkan bahwa (1) Implementasi kurikulum merdeka dilakukan melalui tiga tahapan yakni perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tahapan perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menganalisis capaian pembelajaran, identifikasi kebutuhan dan karakteristik peserta didik, menyusun alur tujuan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran dan menentukan indikator pembelajaran. Tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan sentra yang menggambarkan proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan anak berinteraksi dalam pembelajaran. Tahap penilaian dilakukan dengan penilaian autentik yakni penyusunan instrumen evaluasi dilakukan sesuai dengan tujuan, materi, dan metode pembelajaran. 2) Faktor pendukung implementasi kurikulum diantaranya kesiapan modul ajar, adanya kompetensi atau kemampuan guru dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan kreatif, memahami keunikan peserta didik, serta memiliki fasilitas yang memadai seperti ketersediaan teknologi dan akses internet. Sedangkan faktor penghambat diantaranya terbatasnya waktu untuk memahami keunikan peserta didik, jumlah tenaga pendidik yang masih minim dan adanya beberapa guru yang masih belum bisa beradaptasi dengan kurikulum merdeka. 3) Dampak kurikulum merdeka bagi sekolah diantaranya meningkatkan citra positif lembaga dan animo masyarakat. Sedangkan dampak bagi peserta didik melalui Kurikulum merdeka belajar yang menekankan pada merdeka bermain dan kebebasan anak dalam memilih sesuai dengan yang diminati serta berfokus pada pengembangan karakter dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan peserta didik.
Indah Noer Ashfarina. 2024. Implementation of the Independent Curriculum for Early Childhood Education (Multisite Study of Early Childhood Education in Gresik Regency). Thesis. Education Management Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (I) Dr. Soedjarwo, M. S, (II) Prof. Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M. Si
Keywords: Implementation, Independent Curriculum for Early Childhood Education
This research aims to describe the implementation of the Independent Curriculum for Early Childhood Education at Kindergarten Al Ibrah Gresik and Kindergarten Matahari Terbit Proklik Gresik, which includes 1) How to implement the independent curriculum starting from the learning planning, implementation and evaluation stages of learning at Kindergarten Al Ibrah Gresik and Kindergarten Matahari Terbit Proklik Gresik, 2) What are the supporting and inhibiting factors for the implementation of the independent curriculum in Kindergarten Al Ibrah Gresik and Kindergarten Matahari Terbit Proklik Gresik, 3) What is the impact of implementing the independent curriculum in Kindergarten Al Ibrah Gresik and Kindergarten Matahari Terbit Proklik Gresik. This research uses a qualitative approach with a multi-site study research design. Data collection techniques used in-depth interviews, participant observation and documentation studies. The data analysis techniques used in this research are data condensation, data display and conclusion drawing.
The results of research related to the implementation of the independent curriculum for early childhood education (Gresik Regency Early Childhood Education Multisite Study) show that (1) Implementation of the independent curriculum is carried out through three stages, namely learning planning, learning implementation and learning evaluation. The learning planning stages are carried out by analyzing learning outcomes, identifying student needs and characteristics, developing a flow of learning objectives, determining learning strategies and determining learning indicators. The learning implementation stage is carried out using a central approach which describes the process of detailing and creating environmental situations that allow children to interact in learning. The assessment stage is carried out with authentic assessment, namely the preparation of evaluation instruments is carried out in accordance with the objectives, materials and learning methods. 2) Supporting factors for curriculum implementation include the readiness of teaching modules, the teacher's competence or ability to create active and creative learning, understanding the uniqueness of students, and having adequate facilities such as the availability of technology and internet access. Meanwhile, inhibiting factors include limited time to understand the uniqueness of students, the number of teaching staff is still minimal and there are several teachers who are still unable to adapt to the independent curriculum. 3) The impact of the independent curriculum on schools includes increasing the positive image of the institution and public interest. Meanwhile, the impact on students through the free learning curriculum which emphasizes free play and children's freedom to choose according to their interests and focuses on character development can support the development and growth of students.