Pengembangan Media Pembelajaran Penjas Edumoly Pada Pembelajaran PJOK Materi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat
Development of Edumoly Assessment Learning Media on PE Learning Clean and Healthy Living Behavior Material
Achmad Reza Firmansyah. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Penjas Edumoly Pada Pembelajaran PJOK Materi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Tesis, Program Studi Pendidikan Olahraga, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes. dan (II) Dr. Sapto Wibowo, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media, Pendidikan Jasmani, Perilaku Hidup Bersih dan sehat
Penelitian ini bertujuan: 1) Menganalisis model permainan Penjas Edumoly dalam pemahaman materi PHBS pada pembelajaran PJOK. 2) Menganalisis kelayakan permainan Penjas Edumoly dalam pemahaman materi PHBS pada pembelajaran PJOK.
Penelitian pengembangan permainan penjas edumoly mengacu pada model yang di kembangkan oleh Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini ialah ahli materi terkait PHBS, ahli media, dan siswa SMP kelas VII. Teknik pengumpulan data pada penelitian pengembangan permainan penjas edumoly menggunakan lembar validasi ahli dan validasi pada uji coba produk. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kuantitatif yang dihimpun dari data hasil pengisian instrumen ahli materi, instrumen ahli media, dan instrumen uji coba yang digunakan untuk mengetahui kelayakan serta penilaian produk yang dikembangkan.
Hasil validasi yang telah dilakukan terkait pengembangan permainan penjas edumoly dari aspek kualitas materi dan isi yang disajikan memperoleh skor 73 masuk dalam kategori sangat baik, untuk penilaian ahli media yang dilihat dari aspek kualitas media memperoleh skor 73 masuk dalam kategori sangat baik, hasil uji coba lapangan kelompok kecil meliputi 3 aspek yaitu aspek tampilan mendapatkan nilai 61,9 kategori sangat baik, aspek materi isi mendapatkan nilai 69,8 kategori sangat baik, dan aspek kebermanfaatan mendapatkan nilai 61,3 kategori sangat baik. Sedangkan pada uji coba kelompok besar aspek tampilan mendapatkan nilai 62,6 kategori sangat baik, aspek materi isi mendapatkan nilai 68,2 kategori sangat baik, dan aspek kebermanfaatan mendapatkan nilai 59,3 kategori sangat baik.
Kesimpulan pada penelitian pengembangan permaianan penjas edumoly untuk pemahaman materi perilaku hidup bersih dan sehat ini layak digunakan untuk pembelajaran PJOK pada siswa SMP kelas VII materi perilaku hidup bersih dan sehat, serta dapat menjadi acuan bagi penelitian berikutnya.
Achmad Reza Firmansyah. 2023. Development of Edumoly Assessment Learning Media on PE Learning Clean and Healthy Living Behavior Material. Thesis, Sports Education Study Program, Postgraduate, Surabaya State University. Supervisor: (I) Dr. dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes. and (II) Dr. Sapto Wibowo, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Media, Physical Education, Clean and Healthy Living Behavior
This study aims to: 1) Analyze the game model of Penjas Edumoly in understanding Clean and Healthy Living Behavior material in PE learning. 2) Analyzing the feasibility of the Edumoly game in understanding Clean and Healthy Living Behavior material on PE learning.
The research on edumoly assessment games refers to the model presented by Borg and Gall. The subjects of this study were material experts related to Clean and Healthy Living Behavior, media experts, and junior high school class VII students. Data collection techniques in edumoly game development research use expert validation and validation sheets in product trials. Thedata analysis used is quantitative descriptive statistics collected from data from filling in material expert instruments, media expert instruments, and trial instruments used to determine the feasibility and assessment of the products developed.
The validation results that have been carried out related to the development of edumoly assessment games from the aspect of material quality and content presented obtained a score of 73 in the excellent category, for the assessment of media experts seen from the aspect of media quality obtained a score of 73 in the excellent category, the results of small group field trials include 3 aspects, namely the display aspect getting a score of 61.9 in the excellent category, The content material aspect got a score of 69.8 in the Excellent category, and the benefit aspect got a score of 61.3 in the Excellent category. Whereas in the large group trial, the display aspect got a score of 62.6 in the excellent category, the content material aspect got a value of 68.2 excellent categori categories, and the usefulness aspect got a value of 59.3 in the excellent category.
The conclusion in the research on the development of edumoly assessment games for understanding clean and healthy living behavior material is feasible to be used for PE learning in junior high school class VII students clean and healthy living behavior material, and can be a reference for subsequent research.