Language Quality in Descriptive Texts of Junior High School Students
Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas kebahasaan pada teks deskripsi karangan siswa kelas VII-C UPT SMP Negeri 27 Gresik. Kualitas kebahasaan yang dimaksudkan meliputi empat aspek, yaitu (1) pemakaian ejaan, (2) penulisan kata, (3) penggunaan kalimat, dan (4) isi teks deskripsi. Pentingnya mengetahui kualitas kebahasaan pada teks deskripsi yang telah ditulis oleh para siswa membuat penelitian ini penting untuk dilakukan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa kata dan kalimat yang bersumber dari teks deskripsi siswa kelas VII-C UPT SMP Negeri 27 Gresik tahun pelajaran 2022/2023. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentatif dan analisis datanya dilakukan dengan teknik analisis konten. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument) dengan bantuan tabel data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1.) kualitas pemakaian ejaan, terdapat data salah pada pemakaian huruf kapital sebesar 65% (32 data) sedangkan yang benar hanya 35% (17 data). Penulisan kata terdapat 55% (27 data) yang benar sedangkan data salah sebesar 45% (23 data). Pemakaian tanda baca terdapat 67% (33 data) benar sedangkan data salah sebesar 33% (16 data). 2.) Kualitas pemilihan kata pada syarat kecermatan menunjukkan 59% (29 data) benar sedangkan data salah sebesar 41% (20 data). Pada syarat ketepatan menunjukkan 51% (25 data) yang sudah benar sedangkan data yang salah 49% (24 data). Pada syarat keserasian menunjukkan 61% (30 data) yang sudah benar sedangkan data yang salah 39% (19 data). 3.) Kualitas kalimat, terdapat 61% (30 data) kalimat yang memenuhi syarat kesepadanan sementara 39% (19 data) belum memenuhinya. Sebanyak 94% (46 data) kalimat sudah memenuhi syarat keparalelan sedangkan 6% (3 data) belum memenuhinya. Terdapat 78% (38 data) kalimat yang sudah memenuhi syarat ketegasan sedangkan 22% (11 data) belum memenuhinya. Terdapat 57% (28 data) kalimat yang memenuhi syarat kepaduan sedangkan 43% (21 data) belum memenuhinya. Sebanyak 69% (34 data) kalimat sudah memenuhi syarat kelogisan, namun masih terdapat 31% (15 data) yang belum memenuhinya. Pada syarat kehematan, terdapat 55% (27 data) kalimat yang tidak memenuhinya, sementara 45% (22 data) memenuhinya. Begitu pula pada syarat kecermatan, terdapat 51% (25 data) kalimat yang tidak memenuhinya sedangkan 49% (24 data) sudah memenuhinya. 4.) Kualitas isi teks deskripsi, siswa sudah fokus memaparkan objek secara detail dengan bukti adanya 100% (20 data) yang sudah benar. Siswa juga sudah menggunakan kalimat perincian dalam teks deskripsi mereka dengan bukti 90% (18 data) yang memakainya dan hanya 10% (2 data) yang tidak memakainya. Akan tetapi untuk struktur teks deskripsinya mayoritas tulisan siswa hanya mencakup deskripsi bagian, dengan 95% (19 data) sudah menyertakannya, sedangkan 5% (1 data) tidak. Pada bagian identifikasi terdapat 65% (42 data) yang tidak memilikinya sedangkan 35% (7 data) sudah memilikinya. Pada bagian penutup terdapat 80% (45 data) yang tidak memiliki bagian tersebut sedangkan 20% (4 data) memilikinya.
Berdasarkan penelitian ini,terdapat beberapa saran yang disampaikan meliputi: (1) saran untuk para peserta didik terutama kelas VII-C UPT SMP Negeri 27 Gresik, (2) saran untuk para pengajar Bahasa Indonesia, (3) saran untuk lembaga yang bersangkutan, dan (4) saran untuk peneliti selanjutnya.
Kata Kunci: kualitas kebahasaan, teks deskripsi, siswa kelas VII
The research in this thesis aims to describe the linguistic quality of the descriptive text written by students of class VII-C UPT SMP Negeri 27 Gresik. The quality of the intended language includes four aspects, namely (1) the use of spelling, (2) the writing of words, (3) the use of sentences, and (4) the contents of the descriptive text. The importance of knowing the quality of language in the descriptive texts that have been written by students makes this research important to do.
This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. The research data is in the form of words and sentences that originate from the descriptive text of class VII-C UPT SMP Negeri 27 Gresik in the 2022/2023 academic year. Data collection was carried out using documentary techniques and data analysis was carried out using content analysis techniques. The research instrument used was the researcher himself (human instrument) with the help of data tables.
The results showed that, 1.) the quality of the use of spelling, there were incorrect data on the use of capital letters by 65% (32 data) while only 35% (17 data) were correct. In writing words, 55% (27 data) are correct, while 45% (23 data) are wrong. The use of punctuation marks is 67% (33 data) correct, while 33% (16 data) are wrong. 2.) The quality of word choice in terms of accuracy shows 59% (29 data) is correct while 41% (20 data) is wrong. In terms of accuracy, it shows that 51% (25 data) are correct, while 49% (24 data) are wrong. The compatibility requirements show that 61% (30 data) are correct, while 39% (19 data) are wrong. 3.) Sentence quality, there are 61% (30 data) sentences that meet the equivalence requirements while 39% (19 data) do not fulfill them. As many as 94% (46 data) of sentences have fulfilled the parallel requirements while 6% (3 data) have not fulfilled them. There are 78% (38 data) of sentences that have met the requirements for assertiveness while 22% (11 data) have not fulfilled them. There are 57% (28 data) sentences that meet cohesiveness requirements while 43% (21 data) do not fulfill them. As many as 69% (34 data) sentences have fulfilled the logical requirements, but there are still 31% (15 data) which have not fulfilled them. In terms of austerity, there are 55% (27 data) sentences that do not fulfill it, while 45% (22 data) do. Likewise in terms of accuracy, there are 51% (25 data) sentences that do not fulfill it while 49% (24 data) already fulfill it. 4.) The quality of the contents of the descriptive text, students have focused on explaining the object in detail with evidence that 100% (20 data) are correct. Students have also used detailed sentences in their descriptive text with evidence that 90% (18 data) used them and only 10% (2 data) did not use them. However, for the structure of the descriptive text, the majority of students' writing only included section descriptions, with 95% (19 data) already including it, while 5% (1 data) did not. In the identification section there are 65% (42 data) who do not have it while 35% (7 data) already have it. In the closing section, 80% (45 data) do not have this section, while 20% (4 data) do.
Based on this research, several suggestions were made including: (1) suggestions for students, especially class VII-C UPT SMP Negeri 27 Gresik, (2) suggestions for Indonesian language teachers, (3) suggestions for the institutions concerned, and (4) suggestions for future researchers.
Keywords: language quality, descriptive text, grade VII students