Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Self Talk Untuk Meregulasi Emosi Remaja Smpn 46 Surabaya
Regulasi emosi merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai seluruh individu, khususnya usia remaja. Pada fase remaja, kemampuan kognitif individu masih dalam tahap perkembangan. Tanpa memiliki kemampuan meregulasi emosi remaja cenderung meledak-ledak dan bersifat agresif ketika menyalurkan emosi negatifnya sehingga menimbulkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya tugas perkembangan yang dilalui oleh remaja. Salah satu layanan konseling yang dapat digunakan untuk meregulasi emosi remaja adalah teknik self talk. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok teknik self talk untuk meregulasi emosi remaja. Jenis penelitian dalam artikel ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ekperimen. Jenis rancangan yang diterapkan dalam penelitian yaitu pre-experimental design adalah pretest posttes one - group design. Subjek penelitian merupakan siswa SMP Negeri 46 Surabaya. Setelah dilakukan analisis data, terjadi peningkatan yang signifikan dari hasil pre-test sebelum pemberian treatment terhadap hasil post-test setelah diberikannya treatment. Yang menandakan bahwa terjadi peningkatan keterampilan regulasi emosi remaja setelah mendapatkan perlakuan. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi rujukan atau referensi bagi guru BK yang ingin memberikan layanan konseling kelompok teknik self talk kepada siswa guna mengatasi permasalahan pribadi sosial siswa.
Emotional regulation is an important skill for all individuals, especially teenagers. In the adolescent phase, the individual's cognitive abilities are still in the developmental stage. Without having the ability to regulate emotions, adolescents tend to be explosive and aggressive when channeling their negative emotions, causing harm to themselves and others. This results in the inhibition of developmental tasks that are traversed by adolescents. One of the counseling services that can be used to regulate adolescent emotions is the self-talk technique. The purpose of this study was to test the effectiveness of self-talk group counseling services to regulate adolescent emotions. The type of research in this article is quantitative research with experimental methods. The type of design applied in the research, namely pre-experimental design is pretest posttest one - group design. The research subjects were students of SMP Negeri 46 Surabaya. After analyzing the data, there was a significant increase in the results of the pre-test before giving treatment to the results of the post-test after the treatment was given. Which indicates that there is an increase in adolescent emotional regulation skills after receiving treatment. It is hoped that this research can be a reference or reference for counselor who want to provide self-talk technique group counseling services to students in order to overcome students' personal social problems.