ABSTRAK
PENERAPAN MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM
ASISSTED INDIVIDUALIZ A TION (TAI) HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN
KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X DPIB 2 SMK N EGERI 2 SURABAYA
Nama : Mirza
NIM : 120534248
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Jurusan :
Teknik Sipil
Fakultas :
Teknik
Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Dr. Nanik
Estidarsani , M.Pd.
Karya tulis ini bertujuan
untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) hasil belajar mata pelajaran Konstruksi bangunan,
yang meliputi (1) keterlaksanaan (2) respon siswa (3) hasil belajar.
Desain penelitian yang
digunakan adalah Pre Experimental Design dengan
menggunakan bentuk One Shoot Case Study. Sampel
yang digunakan kelas X DPIB 2 yang berjumlah siswa 36 siswa. Teknik Pengumpulan
data untuk keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar observasi, untuk
respon siswa menggunakan angket, dan hasil belajar siswa menggunakan Posst test. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji t one sample t test.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa, (1) keterlaksanaan pembelajaran rerata kegiatan guru skor
83,67%, dan rerata kegiatan siswa skor
83,60%, kategori terlaksana dengan sangat baik. (2) respon siswa terhadap model
memperoleh skor sebesar 81.05%, kategori siswa antusias terhadap pembelajaran
dengan model dan (3) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe TAI menunjukan hasil nilai rerata 82,92, maksimal 95, nilai minimum 58 dan
standar deviasi 9,147. Hasil analisis dengan uji one sample t test menyatakan
bahwa, hasil belajar lebih besar KKM 75 dan persentase ketuntasan klasikal 86,11%.
KataKunci
: Team
Assisted Individualization (TAI), keterlaksanaan
Model Pembelajaran, Respon siswa.