Pengaruh Efikasi Diri dan Regulasi Diri Terhadap Stress Akademik Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19
The Effect Of Self-Efficacy and Self-Regulation On Student Academic Stress During The Covid-19 Pandemic
Munculnya pandemi COVID-19 telah mengubah dunia pendidikan, karena kegiatan pembelajaran tatap muka dihentikan dan proses pembelajaran beralih menggunakan metode online. Perubahan proses belajar menyebabkan stres akademik pada siswa. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang pengaruh self-efficacy dan self-regulation mahasiswa terhadap stres akademik yang dialami mahasiswa pada mata kuliah online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 26 for windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa efikasi diri dan regulasi diri berpengaruh terhadap stres akademik mahasiswa yang dapat dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi diri dengan stres akademik pada siswa yang dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Selanjutnya terdapat pengaruh antara regulasi diri dengan stres akademik pada mahasiswa dilihat dari hasil perhitungan yang diperoleh dengan nilai signifikansi 0,007 ≤ 0,05.
The emergence of the COVID-19 pandemic has changed the world of education, because face-to-face learning activities were stopped and the learning process shifted to using online methods. Changes in the learning process cause academic stress in students. This paper aims to describe the results of research on the effect of student self-efficacy and self-regulation on academic stress experienced by students in online courses. This study uses a quantitative approach. Data analysis used multiple linear regression with the help of SPSS version 26 for windows. The results of the study state that self-efficacy and self-regulation have an effect on student academic stress which can be seen from the calculation results obtained with a significance value of 0.000 ≤0.05. Then, there is a significant effect between self-efficacy and academic stress on students as seen from the calculation results obtained with a significance value of 0.000 ≤0.05. Furthermore, there is an influence between self-regulation and academic stress on students as seen from the calculation results obtained with a significance value of 0.007 ≤ 0.05.