Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi pada Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar
Development of Science Learning Materials Oriented in Guided Inquiry to Improve Critical Thinking Skills of Primary School Students
ABSTRAK
NurHabibah, Rahmi. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Pada Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (I) Prof. Dr. dr. Tjandra Kirana, M.S., Sp.And. dan (II) Dr. Raharjo, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran IPA yang terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar, Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), dan Lembar Tes yang valid, praktis, dan efektif yang meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4-D yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran) dan diuji cobakan di kelas V SDN Jiken, SDN Kedondong I, SDN Sudimoro Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020 dengan rancangan uji coba One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) valid, sesuai dengan penilaian ketiga validator dengan katagori valid, 2) praktis, sesuai dengan penilaian dari kedua pengamat terlihat dari aktivitas peserta didik meningkat pada setiap pertemuan dan keterlaksanaan RPP, 3) efektif, terlihat dari perbedaan hasil pretest dan hasil posttest tes berpikir kritis serta respon positif peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi pada Guided Inquiry valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar.
Kata Kunci : Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Guided Inquiry, Keterampilan Berpikir Kritis.
ABSTRACT
NurHabibah, Rahmi. 2020. Development of Science Learning Materials Oriented in Guided Inquiry to Improve Critical Thinking Skills of Primary School Students. Thesis. Basic Education Study Program, Graduate of Surabaya State University. Advisor: (I) Prof. Dr. dr. Tjandra Kirana, M.S., Sp.And. and (II) Dr. Raharjo, M.Si.
This study aims to produce a product science learning materials which consists of a syllabus , lesson plan, teaching material, student activity sheets, and test sheets that are valid, practical, and effective to improve the critical thinking skills of elementary school students. This research was carried out using the 4-D model. Which is define, design, developing, disseminate and tested in class V of Jiken Elementary School, Kedondong I Elementary School, Sudimoro Elementary School Sidoarjo, school year 2019/2020 with One-Group Pretest-Posttest Design. Data analysis techniques use quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The results showed: 1) valid, according to the validity of the three validators with valid categories, 2) practical, in accordance with the level of observers seen from the activity of students increasing at each meeting and implementation of lesson plan, 3) effective, seen from appearing different from the pretest and posttest test students' critical thinking and positive student responses.
Based on the results of data analysis, it can be concluded that the development of science learning materials oriented in guided inquiry is valid, practical, and effective so feasible for improving critical thinking skills of elementary school students.
Keywords: Development of Learning Materials, Guided Inquiry, Critical Thinking Skills.