ABSTRAK
Nirwana, Mercury. 2021. Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Model SEA-MEA (Self Efficacy Academic-Means Ends
Analysis) Online untuk
Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP . Tesis,
Program Studi Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mohamad Nur dan (II) Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd.
Kata-kata Kunci: model SEA-MEA online , pemecahan masalah
Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model SEA-MEA online yang valid, efektif, dan praktis untuk
meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian
menggunakan model pengembangan Dick and
Carey . Instrumen pengumpulan data meliputi tes keterampilan pemecahan
masalah, lembar observasi
keterampilan pemecahan masalah, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, penilaian
validator, dan angket respon siswa. Penelitian dilakukan di semester gasal
tahun ajaran 2021 dengan subjek penelitian masing-masing 30 siswa di kelas
VIII-F dan VIII-H di SMP Negeri 2 Bangkalan. Desain uji coba yang digunakan
adalah one group
pre-test and post-test design . Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dan validitas
menggunakan percentage of agreement , analisis kepraktisan
menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran, analisis keefektifan menggunakan
uji-t berpasangan, N-gain, uji-t sampel bebas, dan angket respon siswa.
Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran
model SEA-MEA online valid dengan
persentase ≥75% dan reliabel dengan Cronbach’s
Alpha ≥ 0,7 , (2) praktis ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran ≥75%, (3) efektif
saat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa secara statistik
signifikan pada Alpha 5%, N-gain dengan kategori sedang dan tinggi, tidak
terdapat perbedaan rata-rata N-gain keterampilan pemecahan masalah antara 2
kelas, effect size menunjukkan modest effect, dan respons siswa
menunjukkan ≥75%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model SEA-MEA online valid, efektif, dan praktis. Implikasi penelitian lanjutan
yang dapat dilakukan adalah menggunakan perangkat pembelajaran model SEA-MEA
secara blended.