Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di SMA Negeri 1 Menganti
Implementation of Integrated Quality Management in Improving Student Achievement at SMA Negeri 1 Menganti
Permasalahan dari penelitian skripsi ini merupakan melihat bagaimana manajemen mutu teroadu yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Menganti dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, penerapan dan evaluasi manajemen mutu terpadu dalam rangka meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 1 Menganti. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan perencanaan, penerapan dan evaluasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi siswa SMA Negeri 1 Menganti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Serta teknik untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi dan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Meningkatkan Prestasi SMA Negeri 1 Menganti, berawal dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dengan menetapkan visi, misi dan tujuan sekolah, menyusun program sekolah, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan serta melakukan perbaikan secara berkelanjutan sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen mutu terpadu sehingga seluruh kegiatan sekolah yang dilaksanakan tetap berfokus pada meningkatkan prestasi siswa disekolah sekaligus berfokus pada pelanggan.
Kata Kunci: Prestasi Siswa, Manajemen Mutu Terpadu
The problem with this thesis research is to see how the best quality management carried out by SMA Negeri 1 Menganti in Improving Student Achievement. The formulation of the problem in this study is how to plan, implement and evaluate integrated quality management in order to improve student achievement at SMA Negeri 1 Menganti. The purpose of this study is to explain the planning, application and evaluation of integrated quality management in improving the achievement of SMA Negeri 1 Menganti students. This research is a qualitative esearch. The data sources in this study include principals, vice principals for curriculum, vice principals for student affairs, teachers and students. The data collection techniques used are by interviews and documentation. As well as techniques for checking the validity of data using source triangulation. The data analysis used in this study is triangulation and reference materials. The results showed that the Implementation of Integrated Quality Management in Improving the Achievement of SMA Negeri 1 Menganti, began with planning, implementation and evaluation. By setting the vision, mission and objectives of the school, compiling school programs, improving the competence of educators and education staff and making continuous improvements in accordance with the principles of integrated quality management so that all school activities carried out remain focused on improving student achievement in schools while focusing on customers.
Keywords: Student Achievement, Integrated Quality Management