Persepsi Siswa mengenai Penggunaan Peta Cerita dalam Pemahaman Bacaan
Students’ Perceptions on the Use of Story Maps in Reading Comprehension
Abstrak
Di dalam kelas, siswa perlu mempunyai kemampuan pemahaman bacaan yang baik. Tanpa itu, mereka tidak akan memiliki keterampilan kritis untuk mempelajari materi akademik. Namun, banyak siswa di Indonesia yang masih mempunyai kesulitan dalam memahami teks. Menggunakan strategi yang sesuai dapat membantu siswa dalam memahami teks. Peta cerita dapat digunakan siswa untuk membantu mereka dalam memahami teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai penggunaan peta cerita dalam pemahaman bacaan, kelebihan dan kesulitan dalam menggunakan peta cerita untuk pemahaman bacaan siswa di kelas. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas sepuluh di salah satu SMA di Lamongan. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara. Desain penelitian penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peta cerita dapat membantu siswa dalam memahami bacaan. Sebagian besar siswa merasa bahwa mereka mengalami peningkatan dalam pemahaman bacaan karena mereka merasa mudah dan cepat untuk memahami teks. Peta cerita juga membantu siswa memahami struktur teks dan itu juga merupakan kegiatan yang menarik. Selain itu siswa juga mengalami kesulitan dalam menggunakan peta cerita seperti kesulitan membuat peta cerita, masih belum memahami konsep peta cerita dan sulit memahami isi teks sehingga mereka juga mengalami kesulitan dalam membuat peta cerita.
Kata kunci: Siswa kelas sepuluh, Peta cerita, Pemahaman bacaan
Abstract
In the classroom, students need to have good reading comprehension. Without that, they will not have critical skills for studying academic material. However, many students in Indonesia still have difficulty understanding the text. Using an appropriate strategy can help them understand the text. Story maps can be used can be used for students to help them in understanding the text. This research aims to know students’ perceptions on the use of story maps in reading comprehension, the advantages and the difficulties of using story maps for students’ reading comprehension in class. This research was conducted to the students of tenth grade at one senior high school in Lamongan. The instruments in this study were a questionnaire and interview. The research design of this study used a qualitative research design. The technique to analyze the data were data reduction, data display, and conclusion drawing. The results show that story maps can help the students in understanding the text. Most students felt that they have an improvement in reading comprehension because they felt easy and fast to understand the text. Story maps also help the students understand the structure of the text and it was also an interesting activity. Besides that, the students also faced difficulties when using story maps such as difficult making the story maps, still don’t understand the concept of story maps and difficult to understand the content of the text so they also have difficulty in making story maps.
Keywords: Tenth Graders, Story maps, Reading Comprehension