THE EFFECT OF PARENTS' ROLE ON MOTIVATION AND CHILDREN'S LEARNING DISCIPLINE AS IMPACTS OF THE COVID-19 PANDEMIC
Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar dan kedisiplinan belajar anak sebagai dampak wabah Covid-19 dan menjelaskan seberapa besar pengaruh tersebut. Lokasi penelitian ini adalah di Lembaga Pendidikan Islam TK Al-Ishlah Ngale Kabupaten Ngawi dengan mengambil jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang diterapkan Burhan Bungin yaitu n = dan diketemukan hasil 74 orang responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan dokumentasi. Penilaian terhadap angket adalah menggunakan skala likert dan penyajian datanya menggunakan skala interval, sedangkan pengolahan datanya menggunakan software SPSS versi 25. Pengujian dilakukan sebanyak dua kali, yaitu uji regresi untuk variabel X terhadap variabel Y1 dan juga uji regresi untuk variabel X terhadap Y2. Hasil pengolahan data untuk pengaruh variabel X terhadap variabel Y1 diperoleh nilai F 4,319 > F tabel 3,97 dan dengan memperhatikan nilai signifikansi hitung 0,041 < 0,05, maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peran orang tua dengan motivasi belajar anak. Kesimpulan ini didukung dengan hasil uji T yang bernilai 2,078 > T tabel 1,993, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, Nilai R square 0,57 menggambarkan besar pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar anak adalah sebesar 57%, lalu 43% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Arah penelitian ini bersifat positif, ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 29,571 + 0,252X. Dengan demikian maka semakin tinggi peran orang tua, semakin meningkat pula motivasi belajar anak. Hasil pengolahan data untuk pengaruh variabel X terhadap variabel Y2 diperoleh nilai F 7,168 > F tabel 3,97 dan dengan memperhatikan nilai signifikansi hitung 0,09 < 0,05, maka ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peran orang tua terhadap kedisiplinan belajar anak. Kesimpulan ini didukung dengan hasil uji T yang bernilai 2,677 > T tabel 1,993, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya, Nilai R square 0,91 menggambarkan besar pengaruh peran orang tua terhadap kedisiplinan belajar anak adalah sebesar 91%, lalu 9% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Arah penelitian ini bersifat positif, ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 22,230 + 0,251X. Dengan demikian maka semakin tinggi peran orang tua, semakin meningkat pula kedisiplinan belajar anak. Maka, orang tua perlu meningkatkan perannya dalam mendampingi anak belajar, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
This research aims to analyze the influence of the role of parents on learning motivation and learning discipline of children as a result of the Covid-19 outbreak and explain how much influence this has. The location of this research is at the Al-Ishlah Ngale Kindergarten Islamic Education Institution, Ngawi Regency, by taking the number of samples using the Slovin formula applied by Burhan Bungin, namely n = and found the results of 74 respondents. This research uses quantitative research methods and data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and documentation. The assessment of the questionnaire was using a Likert scale and presenting the data using an interval scale, while the data processing used the SPSS version 25 software. The test was carried out twice, namely the regression test for variable X on variable Y1 and also regression test for variable X against Y2. The results of data processing for the effect of variable X on variable Y1 obtained F value of 4,319> F table 3.97 and by paying attention to the calculated significance value of 0.041 <0.05, it is concluded that there is a significant influence between the role of parents and children's learning motivation. This conclusion is supported by the results of the T test that is 2.078> T table 1.993, so that Ho is rejected and Ha is accepted. Furthermore, the R square value of 0.57 illustrates the influence of the role of parents on children's learning motivation is 57%, then the other 43% is influenced by other factors. The direction of this research is positive, indicated by the regression equation Ŷ = 29.571 + 0.252X. Thus, the higher the role of parents, the more children's motivation to learn. The results of data processing for the effect of variable X on variable Y2 obtained F value of 7.168> F table 3.97 and by taking into account the significance value of 0.09 <0.05, it is concluded that there is a significant influence between the role of parents on children's learning discipline. . This conclusion is supported by the results of the T test which is worth 2.677> T table 1.993, so that Ho is rejected and Ha is accepted. Furthermore, the R square value of 0.91 illustrates the magnitude of the influence of the role of parents on children's learning discipline is 91%, then the other 9% is influenced by other factors. The direction of this research is positive, indicated by the regression equation Ŷ = 22.230 + 0.251X. Thus, the higher the role of parents, the more the children's learning discipline. So, parents need to increase their role in accompanying children to learn, so that the learning objectives can be maximally achieved.