Pengaruh Pendampingan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di BA Aisyiyah Ponorogo
The Effect of Parental Assistance on Children's Social-Emotional Development at BA Aisyiyah Ponorogo
Anak usia dini merupakan tahap awal perkembangan manusia. Orang tua memiliki peran penting dalam melakukan pendampingan selama masa perkembangan anak. Pendampingan diperlukan untuk mencapai perkembangan anak yang optimal salah satunya yaitu perkembangan sosial emosional. Terciptanya lingkungan yang nyaman dan aman serta frekuensi pendampingan yang intens oleh orang tua dapat mendukung perkembangan sosial emosional anak. Dengan begitu anak menjadi individu yang mampu mengenali diri sendiri serta peka terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan orang tua terhadap perkembangan sosial emosional anak di BA Aisyiyah Keniten Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 15 responden yang merupakan orang tua dari peserta didik BA Aisyiyah Ponorogo. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil uji regresi linier sederhana diketahui nilai F hitung sebesar 20,501 dengan nilai signifikansi adalah 0,00 < 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa variabel pendampingan orang tua (X) memiliki pengaruh pada variabel perkembangan sosial emosional anak (Y). Dengan ini maka H1 diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Pendampingan Orang Tua, Perkembangan Sosial Emosional Anak
Early childhood is the initial stage of human development. Parents have an important role in providing assistance during the child's development period. Mentoring is needed to achieve optimal child development, one of which is social emotional development. The creation of a comfortable and safe environment and the frequency of intense assistance by parents can support children's social emotional development. In this way, children become individuals who are able to recognize themselves and are sensitive to the environment. The aim of this research is to determine the effect of parental assistance on the social emotional development of children at BA Aisyiyah Keniten Ponorogo. The method used in this research is the quantitative research method. Data collection techniques use questionnaires. The number of respondents in this study was 15 respondents who were parents of BA Aisyiyah Ponorogo students. Data analysis was carried out using a simple linear regression test. The results of the simple linear regression test show that the calculated F value is 20.501 with a significance value of 0.00 < 0.05, so it can be stated that the parental assistance variable (X) has an influence on the child's social emotional development variable (Y). With this, H1 is accepted and Ho is rejected.
Keywords: Parental Assistance, Children's Social Emotional Development