PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA JURUSAN TEKNIK PEMESINAN DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dengan bantuan media ajar Video terhadap kemampuan menggambar teknik mesin siswa, serta respon siswa pada saat pembelajaran.
Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan model penelitian pre – eksperimen, dan desain one group pretest - post test. Data dikumpulkan dengan teknik tes. Sampel penelitian dengan jumlah 60 siswa. Perolehan data di olah dengan SPSS V27, hasil uji paired sample t – test mendapatkan nilai 2 tailed sebesar < 0,001. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan.
Video pembelajaran memberikan tujuan yang jelas, yakni siswa dipandu untuk menggambar bersama dan mengikuti setiap instruksi dalam video tersebut. Kualitas visual dan audio yang baik juga membantu siswa dalam memahami materi yang disajikan dalam media pembelajaran tersebut, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa
This study aims to analyze the effect of using the Project Based Learning learning model with the help of Video teaching media on students' mechanical engineering drawing skills, as well as student responses during learning.
Using a quantitative descriptive approach with a pre-experimental research model, and a one group pretest - post test design. Data were collected using test techniques. The research sample consisted of 60 students. The data were processed using SPSS V27, the results of the paired sample t-test obtained a 2-tailed value of <0.001. It can be concluded that there is a significant effect.
Learning videos provide clear objectives, namely that students are guided to draw together and follow each instruction in the video. Good visual and audio quality also helps students understand the material presented in the learning media, thereby increasing the effectiveness of student learning