Abstrak
Penelitian ini
dilatarbelakangi dari minimnya penerapan model pembelajaran dalam proses
belajar dikelas. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata
pelajaran yang cukup membosankan, oleh karena itu penerapan model pembelajaran
dengan didampingi media belajar dapat menarik minat belajar peserta didik. Pada
dasarnya telah banyak model pembelajaran yang efektif diterapkan dalam proses
pembelajaran, namun guru terkadang lebih memilih belajar dengan metode
konvensional atau metode ceramah. Telah banyak penelitian mengenai model
pembelajaran yang disandingkan dengan media sebagai alat bantu untuk menutupi
kekurangan dari model pembelajaran. Oleh karena itu, tidak sedikit juga
terdapat pengembangan model pembelajaran untuk memperbaiki kekurangan. Pada penelitian ini
mengembangakan model pembelajaran SAVI bermedia gambar yang diterapkan dalam
materi teks persuasi. Peserta didik akan berperan aktif dalam belajar membuat
teks persuasi dengan belajar bersama kelompok. Model pembelajaran SAVI (Somatis,
Auditoris, Visual, Intelektual) adalah belajar dengan memanfaatkan panca indra
yang dimiliki siswa.
Penelitian ini
menggunakan model pengembangan Reseach
and Development (R & D) yang disarankan oleh Prof. Dr. Sugiyono. Model
ini terdiri atas 10 tahap yaitu, Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji
coba pemakaian, revisi produk, dan produk masal. Teknik pengambilan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah
angket kebutuhan siswa, tes hasil belajar dan angket respon siswa.
Hasil dari
penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana
Pengembangan model pembelajaran SAVI Bermedia Gambar sebagai alternatif
Pembelajaran Menulis Teks Persuasi Kelas VIII SMPN 17 Surabaya. 2) Bagaimana
Kualitas model pembelajaran SAVI bermedia gambar sebagai alternatif
pembelajaran menulis teks persuasi kelas VIII SMPN 17 Surabaya, yang meliputi:
kevalidan, Keefektifan, kepraktisan model pembelajaran SAVI bermedia gambar
sebagai alternatif pembelajaran menulis teks persuasi kelas VIII SMPN 17
Surabaya. Pengembangan model
pembelajaran SAVI bermedia gambar mendapat nilai rata-rata 82,6% dan validasi
RPP mendapatkan nilai rata-rata 83% dengan kualifikasi valid. Keefektifan model pembelajaran SAVI
bermedia gambar mendapatkan rata-rata nilai 87,5 dengan kualifikasi efektif. Sedangkan kepraktisan model
pembelajaran SAVI bermedia gambar mendapat nilai 92,2% dengan kualifikasi praktis.
K ata kunci: Model pembelajaran SAVI, medi gambar, kevalidan, keefektifan,
kepraktisan.