REASONING IN SOCRATIC QUESTIONING METHOD TO ENHANCE UNIVERSITY STUDENTS’ CRITICAL READING IN CRITICAL READING COURSE
Di zaman yang super padat ini, mahasiswa harus tahu bagaimana cara 'mencerna' segudang pengetahuan atau informasi di sekitar mereka. Setiap tempat, bahkan setiap jam mereka akan memiliki peluang besar untuk menemukannya. Untuk membangun perspektif mahasiswa yang lebih luas, hal pertama yang perlu diketahui adalah mengenai ‘alat’ yang dapat membantu mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi 'apa dan bagaimana' cara mempelajari pola membaca kritis secara tepat. Singkatnya, orang yang ingin membangun pola membaca kritis, mereka dapat memanfaatkan metode ini untuk diri mereka sendiri bahkan tidak hanya untuk tujuan akademis tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Cara ini dikenal dengan sebutan metode tanya jawab sokratik. Untuk partisipan, peneliti telah mengambil 5 mahasiswa dari jurusan Bahasa Inggris untuk mengisi 10 pertanyaan dalam kuisioner dan juga untuk diwawancara. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Peneliti memberikan contoh dari pola metode sokrates dan 4 dari 5 setuju bahwa metode tersebut telah mengajak mahasiswa untuk berpikir kritis, terlebih lagi metode ini dapat membantu mereka untuk membaca secara kritis ketika mereka merasa penting untuk membaca dengan analisis kritis. Cara mereka mengolahnya cukup mirip namun berbeda; memahami ide pokok, menemukan tujuan literatur, kemudian menguraikannya. Untuk mencapai metode berpikir sokrates, mahasiswa harus melewati 5 tahapan berikut; mempertanyakan, hipotesis, elenchus, penerimaan/penolakan, tindakan. Metode Socrates tidak hanya mampu menjawab pertanyaan mereka, tetapi juga membantu mereka untuk menganalisis informasi lebih lanjut karena mereka terus mencarinya. Hal ini juga menunjukkan bahwa mahasiswa harus lebih banyak membaca tentang beberapa metode yang dapat membantu mereka untuk membaca kritis karena masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui secara dalam apa itu metode tanya jawab sokratik.
Kata Kunci: Metode berpikir sokratik, Membaca Kritis, Kelas Membaca.
In this super busy era, students have to know how to ‘digest’ bunch of knowledge or information around them. Every place, even every hour they will have a big chance to find it. In order to build student’s perspective broader, first thing to know is about the tools that can help them to survive. This study was aimed to explore ‘what and how’ to learn reading skill in a proper way. In short, people who want to establish their learning skill of reading through it, they could take the advantage of the method for themselves not only in academic purposes but also in daily life too. This method is well-known as socratic questioning method. For the participants, the researcher has taken 5 university students from English department to filled 10 questions in the questionnaire and also to be interviewed. This study used descriptive qualitative as a research design. The researcher gave an example from a pattern of socratic method and 4 out of 5 agree that the method has asked university students to think critically, and further than that, its method also help them to read critically when they thought it is essential to read with the critical analysis. The way how they to process critical reading are quite similar but different, understanding the main ideas, finding literature review, then, breaking it down. To reach the socratic method, the students have to pass these 5 stages; wonder, hypothesis, elenchus, acceptance/rejection, action. Socratic method did not only answer their question, but also help them to analyze as further information as they keep looking for it. It is also showed that university students have to read more about some methods that can help them to read critically because there are still lots of students who do not know what socratic questioning method is.
Keywords: Socratic Questioning Method, Critical Reading, Reading Course.