The Effectiveness of Humorous Stories to Teach English Speaking Skills
The Effectiveness of Humorous Stories to Teach English Speaking Skill
Penelitian ini membahas apakah cerita humor dapat membantu siswa kelas 11 SMA Labschool meningkatkan kemampuan speaking mereka. Tujuan dari penelitian ini merupakan untuk mengumpulkan data dari pre-test maupun post-test dan mengetahui perbedaan skor setelah diberi treatment. Populasi dari penelitian ini adalah sebanyak 90 siswa, diantaranya adalah 21 siswa dari kelas 11 IPA 1, 19 siswa dari 11 IPA 2, 20 siswa dari kelas 11 IPA 3, serta 30 siswa dari kelas 11 IPS. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menggunakan pre-test dan post-test. Hal tersebut bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil pengolahan data, nilai rata-rata pre-test siswa adalah 60.80, namun nilai rata-rata post-test siswa adalah 70.75. berdasarkan table 4.5, nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0.000 atau dibawah 0.05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test. Yang mana, hipotesis alternatif diterima dan null hipotesis ditolak. Dengan kata lain, menggunakan cerita humor terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan speaking siswa kelas 11 IPA 3 SMA Labschool UNESA.
Kata Kunci: Cerita Humor, Kemampuan speaking, Efektivitas, Meningkatkan kemampuan speaking siswa.
This study examined if humorous stories might help students in SMA Labschool at UNESA's eleventh grade improve their speaking abilities. The goal of this study is to collect empirical data on the variations in speaking test scores between students who were taught using humorous stories. There were 90 students make up the overall population of this study, with the following breakdown: 21 students in class XI-IPA 1, 19 students in class XI-IPA 2, and 20 students in class XI-IPA 3, 30 pupils in IPS class XI. This study employed a pre-experimental research design. Through the use of pretest and posttest, the data was gathered. It aimed to determine if humorous stories bring any differences in students’ scores. According to test results, the students' pre-test mean score was 60.80, but their post-test mean score was 75.70. According to table 4.5, the significance value (2-tailed) for this occurrence is 0.000 < 0.05. Therefore, Ha is approved whereas Ho is disapproved. In other words, using humorous stories has a significant influence on the speaking skills of 11th grade students of SMA Labschool UNESA.
Keywords: Humorous Story, Speaking Skill, Efecticeness, Improving Students’ Speaking Skill