STRATEGI PERSELA DALAM MENGGUNAKAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA BRANDING KLIUB DI MUSIM KOMPETISI SHOPEE LIGA 1 2019
PERSELA STRATEGY IN USING INSTAGRAM AS A BRANDING MEDIA CLUB IN THE 2019 LEAGUE 1 SHOPEE COMPETITION SEASON
Branding adalah nama, istilah, tanda, atau simbol yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang, jasa,
atau kelompok yang berguna untuk membangun atau membesarkan sebuah merek, sehingga dapat menghasilkan
keuntungan atau hasil yang positif. Branding pada sepakbola dapat dibangun melalui nama klub, logo klub, jersey,
maskot, lagu klub, slogan, pemain, pelatih, dan suporter.
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan strategi Persela dalam menggunakan Instagram. Hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan evaluasi bagi media officer Persela dan dapat dijadikan tambahan
referensi pembelajaran dalam mengelola branding klub sepakbola serta memberikan kontribusi pemanfaatan Instagram
sebagai media informasi sebuah klub sepakbola.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subjek pada penelitian ini adalah pengurus media officer Persela Lamongan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
dapat diperoleh bahwa strategi yang digunakan Persela dalam menggunakan Instagram sudah baik. Jika dilihat dari aspek
media, peralatan yang dimiliki Persela dalam proses memproduksi sebuah postingan cukup mumpuni dan memiliki tim
media officer yang solid. Selain itu pada proses memproduksi sebuah postingan telah memiliki target dan persiapan yang
matang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam sebuah postingan untuk Instagram Persela Lamongan.
Kata kunci: Branding, Postingan, Instagram
Branding is a name, term, sign, or symbol that is intender to identify goods, services, or groups that are
useful for building a brand, so that it can generate positive profits. Branding on football can be built through the club
name, club logo, jersey, mascot, club song, slogan, players, coaches, and supporter.
This study aims to describe Persela Strategy in using Instagram. The result of this study are expected to be
a reference and evaluation for the Persela media officer and can be used as an additional reference for learning in
managing football club branding and contributing to the use of instgram as an information for a football club.
The research method used is qualitative research with a descriptive approach. The subject in this study
were the media officer of Persela Lamongan. From the result of the research that has been done, it can be found that the
strategy used by Persela in using Instagram is good. When viewed from the media aspect, Persela equipment in the
process of producing a post is quite capable and has a solid team of media officer. In addition, the process of producing
a post has a target and careful preparation to get a maximum result in a post for Instagram Persela Lamongan.
Keyword: Branding, Post, Instagram