PENGEMBANGAN MODUL PENDUKUNG UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM): DESAIN BROSUR DI SMKN 1 DLANGGU MOJOKERTO
DEVELOPMENT OF SUPPORTING MODULES FOR INDEPENDENT LEARNING ACTIVITIES UNITS (UKBM): BROCHURE DESIGN AT SMKN 1 DLANGGU MOJOKERTO
UKBM merupakan pembelajaran atau kata lain dari modul yang bisa digunakan secara mandiri baik dirumah atau di sekolah. UKBM memberdayakan guru untuk mengembangkan strategi belajar mandiri yang membantu siswa supaya menjadi paham dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep, proses, dan keefektifan media UKBM desain brosur menggunakan aplikasi Padlet di kelas X Tata Boga SMKN 1 DLANGGU.
Penelitin ini dilakukan dengan metode Research & Development (R & D ) level 3 dengan mengidentifikasi dan menganalisis data melalui hasil nilai siswa, wawancara, observasi, dan penyebaran angket mengenai pembelajaran Seni Budaya pembuatan brosur pada siswa kelas X Tata Boga 1 SMKN 1 DLANGGU.
Hasil pengembangan UKBM ini berupa aplikasi Padlet dengan konsep desain yang didalamnya terdapat 6 tahap perancangan seperti aplikasi yang digunakan, pemilihan tema, warna, tulisan, gambar, dan decorative desain. Sedangkan konsep media terdiri dari dua ruang yaitu ruang pembelajaran materi dan ruang pembelajaran pengumpulan tugas. Proses penelitian ini dengan proses pembuatan media dan proses validasi dan hasil validasi media mendapat presentase 90%, dan hasil validasi materi mendapat presentase 100%, sehingga media valid digunakan. Efektivitas penelitian ini dari hasil postest yang lebih bagus dari hasil pretest siswa, hasil wawancara kemudian hasil angket yang mendapat hasil presentase 96,41%. Sehingga dari hasil tersebut media UKBM ini valid dan efektif untuk digunakan.
Kata Kunci : UKBM , desain brosur, Padlet, Pixellab
UKBM is learning or in other words a module that can be used independently either at home or at school. UKBM empowers teachers to develop self-directed learning strategies that help students become savvy in learning.
The purpose of this research is to find out and describe the concept, process, and effectiveness of brochure design UKBM media using the Padlet application in class X Catering Administration at SMKN 1 DLANGGU.
This research was conducted using the Research & Development (R & D) level 3 method by identifying and analyzing data through the results of student scores, interviews, observations, and distributing questionnaires regarding learning Arts and Culture making brochures in class X Catering 1 SMKN 1 DLANGGU.
The result of this UKBM development is in the form of a Padlet application with a design concept in which there are 6 design stages such as the application used, selecting themes, colors, writing, images, and decorative designs. Meanwhile, the media concept consists of two spaces, namely the material learning space and the task collection learning space. The process of this research is the process of making media and the validation process and the results of media validation get a percentage of 90%, and the results of material validation get a percentage of 100%, so that the media is valid to use. The effectiveness of this study came from the results of the posttest which were better than the results of the student pretest, the results of the interviews and then the results of the questionnaire which received a percentage of 96.41%. So from these results this UKBM media is valid and effective to use.
Keywords: UKBM, brochure design, Padlet, Pixellab