Pengembangan E-Modul Cake Perkawinan Berbasis Flipbook Maker Pada Pembelajaran Cake dan Kue Indonesia di SMKN 8 Surabaya
Development of Flipbook-Based Marriage Cake E-Modul in the subject of Indonesian Cakes and Cakes at SMKN 8 Surabaya
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul
pembelajaran berbasis flipbook maker yang bertujuan untuk
mengetahui; 1) kelayakan materi pada e-modul cake
perkawinan dengan program flipbook maker; 2) kelayakan
tampilan pada e-modul cake perkawinan dengan program
flipbook maker ;dan 3) respon siswa terhadap e-modul cake
perkawinan dengan program flipbook maker. Metode
penelitian dalam penelitian ini ialah model pengembangan 4D.
tahapan penelitian ini terdiri atas: 1) Pendefinisisan atau
define, 2) Perancangan atau design, 3) Pengembangan atau
develop, 4) Penyebarluasan atau disseminate. Data yang
dikumpulkan menggunakan instrumen angket jenis tertutup,
yang merupakan instrumen angket uji kelayakan materi,
media, dan instrumen angket uji respon siswa. Uji coba
media dilakukan dengan 32 siswa kelas XII jurusan Tata
Boga di SMK Negeri 8 Surabaya. Hasil peenelitian
menunjukkan bahwa: 1) materi cake perkawinan dalam emodul materi cake perkawinan cocok digunakan untuk media
pembelajaran dengan kategori baik; 2) media e-modul cake
perkawinan layak digunakan dengan kategori baik; 3) respon
siswa terhadap e-modul materi cake perkawinanberada pada
kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi
kelayakan materi e-modul cake perkawinan mendapat
persentase 72% dengan kategori baik/layak, validasi
kelayakan media e-modul cake perkawinan mendapatkan
persentase 74% dengan kategori baik/layak. Respon siswa
pada e-modul cake perkawinan dapat disimpulkan, bahwa emodul layak untuk di gunakan dalam prosses pembelajaran di
kelas.
This research is a module development research
flipbook maker-based learning that aims to
know; 1) feasibility of the material in the e-module cake
marriage with flipbook maker program; 2) eligibility
display on the wedding cake e-module with the program
flipbook maker; and 3) student responses to the cake e-module
marriage with flipbook maker program. Method
research in this study is the 4D development model.
the stages of this research consist of: 1) Defining or
define, 2) Design or design, 3) Development or
develop, 4) Dissemination or disseminate. data that
collected using a closed type questionnaire instrument,
which is a material feasibility test questionnaire instrument,
media, and student response test questionnaire instruments. Trials
media was carried out with 32 class XII students majoring in Tata
Catering at SMK Negeri 8 Surabaya. Research results
shows that: 1) the wedding cake material in the emodule the wedding cake material is suitable for media
learning with good category; 2) cake e-module media
marriage is suitable for use in the good category; 3) response
students towards e-module wedding cake material is at
good category. The research results show validation results
e-module e-module material eligibility wedding cake got
percentage of 72% with good/proper category, validation
feasibility of e-module wedding cake media to get
percentage of 74% with good/decent category. Student response
on the wedding cake e-module, it can be concluded that the emodule is suitable for use in the learning process in
class.