PENERAPAN MEDIA VIDEO RIAS GERIATRI PADA HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 LAMONGAN
EFFECT OF GERIATRIC MAKEUP VIDEO MEDIA TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES AT SMKN 1 LAMONGAN
Media memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan sebagai suatu sarana perangkat pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media video hasil belajar siswa respon siswa terhadap media video Penelitian ini menggunakan desain one shot case study Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuantitatif Teknik analisis data pada penelitian ini one sample test Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penilaian para ahli yang menyatakan media pembelajaran berbasis video memenuhi kriteria sangat layak dengan presentase sebesar 90 2 Hasil belajar siswa yang telah dilakukan memperoleh presentasi ketuntasan sebesar 82 1 dari 30 siswa Pada ranah afektif 59 5 kognitif 95 53 psikomotorik 93 5 Respon siswa terhadap media video hasil pengumpulam data dengan angket terstruktur didapatkan responded sebanyak 30 siswa kelas XI kecantikan memperoleh presentase 93 6 respon siswa terhadap media video pembelajaran sangat baik Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media video rias geriatri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada sub kompetensi rias geriatri media video rias geriatri juga sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran alternative karena media yang disajikan sesuai dengan indikator serta kualitas video yang baik
Kata kunci Media video rias geriatri hasil belajar
Media has a very important role in education as a means of learning tools This study aims to determine the feasibility of video media student learning outcomes student responses to video media This study uses a one shot case study design The data collection method in this study is a quantitative method The data analysis technique in this study was one sample test The results of this study indicate that the assessment of experts who stated that video based learning media met the very feasible criteria with a percentage of 90 2 Student learning outcomes that have been carried out obtained a mastery presentation of 82 1 of 30 students In the affective domain 59 5 cognitive 93 53 psychomotor 93 5 Student responses to video media as a result of data collection using a structured questionnaire showed that 30 students in class XI beauty received a percentage of 93 6 students responses to video learning media were very good The results of the study can be concluded that the application of geriatric make up video media can improve student learning outcomes in the geriatric make up sub competence geriatric make up video media is also very suitable for use as an alternative learning medium because the media presented is in accordance with the indicators and good video quality
Keywords Video media geriatric makeup learning outcomes