Pengasuhan Orang Tua Bekerja dalam Mengembangkan Literasi Anak Usia Dini
Parenting of Working Parents in Developing Early Childhood Literacy
Peran optimal orang tua pada anak usia dini memberikan manfaat pada perkembangan, terutama bahasa, yang membantu kesiapan anak menghadapi jenjang pendidikan selanjutnya melalui literasi baca tulis. Faktor yang mempengaruhi pengasuhan salah satunya meliputi kesibukan orang tua bekerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk pengasuhan dan tantangan orang tua bekerja dalam mengembangkan literasi anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus, melalui teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah dua pasang orang tua yang bekerja dan memiliki anak dengan keterampilan literasi baca tulis unggul. Hasil penelitian menunjukkan pengasuhan orang tua bekerja berupa responsivitas pada proses belajar yang mencakup dukungan, pemahaman akan cara belajar anak, pemenuhan kebutuhan baik fisik dan emosional, pemberian penghargaan, serta keterlibatan aktif. Bentuk kontrol orang tua pada jadwal pembelajaran, batasan, dan dorongan akan harapan orang tua untuk mewujudkan pendisiplinan dalam proses pembelajaran literasi baca dan tulis. Faktor yang mempengaruhi pengasuhan meliputi fleksibilitas pekerjaan orang tua, pendidikan serta pengetahuan orang tua, sosial budaya, dan sosial ekonomi.
Kata kunci: Pengasuhan, Orang Tua, Anak Usia Dini, Literasi
The optimal role of parents in early childhood provides benefits to development, especially language, which helps children's readiness for the next level of education through literacy. Factors that influence parenting include the busyness of working parents. The purpose of this study was to determine the forms of care and challenges of working parents in developing early childhood literacy. This research uses a qualitative method of case study approach, through data collection techniques using interviews, observation and documentation. The participants were two pairs of working parents who have children with excellent literacy skills. The results showed that working parents' parenting is in the form of responsiveness to the learning process which includes support, understanding of how children learn, meeting both physical and emotional needs, giving rewards, and active involvement. Forms of parental control on learning schedules, limits, and encouragement of parental expectations to realize discipline in the learning process of reading and writing literacy. Factors influencing parenting include parental job flexibility, parental education and knowledge, socio-cultural and socio-economic.
Keywords: Parenting, Parents, Early Childhood, Literacy