PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR
PADA SISWA KELAS IV SDN SIMBATAN 1 KECAMATAN NGUNTORONADI KABUPATEN MAGETAN
The impact of traditional games towards learning motivation dan ability of Fundamental Basic Movement for the students in Fourth Class of SIMBATAN I Elementary School ,Nguntoronadi District, Magetan Regency.
ABSTRAK Andria Ridha Kurniawan, 2022. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Kelas Iv Sdn Simbatan 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan, Program Studi Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Pembimbing (2) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Permainan Tradisional, Motivasi Belajar, Gerak Lokomotor Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SDN Simbatan 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2021-2022. (2) Untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa kelas IV SDN Simbatan 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2021-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Metode ini dipilih untuk mengetahui gejala-gejala tertentu melalui perlakuan-perlakuan yang dikenakan terhadap sampel percobaan. Penulis bermaksud ingin mengetahui tentang pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar dan kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa kelas IV SDN Simbatan 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2021-2022. Sebelum dimulai penilaian kepada kedua kelompok diberi tes atau pretest untuk mengukur kondisi awal (TI), selanjutnya dari data pre tes sampel dibagi menjadi 2 kelompok dengan langkah ordinal pairing. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisa data yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Ada pengaruh permainan tradisional terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SDN Simbatan 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2021-2022. Hal ini terbukti dari hasil hitungan pada kelompok 1 nilai thitung = 5.659. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2.055 untuk α 5% dengan dk= 26, apabila thitung= 5.659 > ttabel= 2.055 dan pada kelompok 2 nilai thitung = 7.775. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2.055 untuk α 5% dengan dk= 26, apabila thitung= 7.775 > ttabel= 2. 055. Ada pengaruh permainan tradisional terhadap kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa kelas IV SDN Simbatan 1 Kecamatan Nguntoronadi Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2021-2022. Hal ini terbukti dari hasil hitungan pada kelompok 1 nilai thitung = 4.000. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2.055 untuk α 5% dengan dk= 26, apabila thitung= 4.000 > ttabel= 2.055 dan pada kelompok 2 hasil perhitungan nilai thitung = 3.578. Hasil perhitungan ini kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2.055 untuk α 5% dengan dk= 26, apabila thitung= 3.578 > ttabel= 2. 055.
ABSTRACT Andria Ridha Kurniawan, 2022. The Influence of Traditional Games on Learning Motivation and Fundamental Locomotor Ability in Class IV Students of Simbatan 1 SDN. Nguntoronadi District, Magetan Regency, Sports Education Study Program, Surabaya State University. Advisor (1) Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T. Advisor (2) Dr. Advendi Kristiyandaru, S.Pd., M.Pd. Keywords: Traditional Games, Learning Motivation, Locomotor Movement The research objectives were (1) to determine the effect of traditional games on learning motivation in fourth grade students at SDN Simbatan 1, Nguntoronadi District, Magetan Regency for the 2021-2022 academic year. (2) To find out the effect of traditional games on basic locomotor locomotor abilities in class IV students at SDN Simbatan 1, Nguntoronadi District, Magetan Regency for the 2021-2022 academic year. The research method used is the experimental method. This method was chosen to determine certain symptoms through the treatments applied to experimental samples. The author intends to want to know about the effect of traditional games on learning motivation and basic locomotor movement abilities in class IV students at SDN Simbatan 1, Nguntoronadi District, Magetan Regency for the 2021-2022 academic year. Before starting the assessment, the two groups were given a test or pretest to measure the initial conditions (TI), then from the pre-test data the samples were divided into 2 groups with an ordinal pairing step. Based on the results of the research and the results of the data analysis that has been carried out, the following conclusions can be obtained: There is an influence of traditional games on learning motivation in class IV students at SDN Simbatan 1, Nguntoronadi District, Magetan Regency for the 2021-2022 academic year. This is evident from the results of the calculation in group 1 tcount = 5,659. The results of these calculations are then consulted with ttable = 2.055 for α 5% with dk = 26, if tcount = 5.659 > ttable = 2.055 and in group 2 the value of tcount = 7.775. The results of these calculations are then consulted with ttable = 2.055 for α 5% with dk = 26, if tcount = 7.775 > ttable = 2.055. There is an influence of traditional games on basic locomotor movement abilities in class IV students at SDN Simbatan 1, Nguntoronadi District, Magetan Regency in lessons 2021-2022. This is evident from the results of the calculation in group 1 tcount = 4,000. The results of these calculations are then consulted with ttable = 2.055 for α 5% with dk = 26, if tcount = 4,000 > ttable = 2.055 and in group 2 the results of the calculation value tcount = 3.578. The results of this calculation are then consulted with ttable = 2.055 for α 5% with dk = 26, if tcount = 3.578 > ttable = 2.055.