Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan multimedia mobile learning yang layak pada Materi Pengenalan Tools Adobe Photoshop Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Kalitengah. (2) untuk mengetahui tingkat keefektifan multimedia mobile learning pada Materi Pengenalan Tools Adobe Photoshop Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Kalitengah.
Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket dan tes untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan multimedia mobile learning yang dikembangkan pada pembelajaran terkait. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan Uji t untuk menguji hipotesis. Berdasarkan analisis data, hasil uji kelayakan multimedia mobile learning pada ahli materi , ahli media I dan II, serta uji coba yang diterapkan pada kelompok peserta didik dapat dikategorikan sangat baik. Sehingga disimpulkan bahwa
xii
multimedia mobile learning pada Materi Pengenalan Tools Adobe Photoshop Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis telah layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran. Selanjutnya hasil analisis Uji t yang membandingkan dari hasil nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas X Multimedia SMK Negeri 1 Kalitengah, didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yakni 5,303 > 1,603. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia mobile learning efektif diterapkan pada pembelajaran materi Pengenalan Tools Adobe Photoshop Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis.
Kata kunci: Pengembangan, Multimedia mobile learning, Pengenalan Tools Adobe Photoshop
The purposes of this development research are (1) to develop a decent mobile learning multimedia on the introduction Tools of Adobe Photoshop material in graphic design basic subjects at SMK Negeri 1 Kalitengah. (2) To know the effectiveness degree of mobile learning multimedia on the introduction Tools of Adobe Photoshop material in graphic design basic subjects at SMK Negeri 1 Kalitengah. The development model used is the ADDIE model. Data collection used structured interviews, polls and tests to determine the level of feasibility and effectiveness of mobile learning multimedia which is developed on related learning. The data analysis techniques on this development research use the normality test, homogenity test and T test to examine the hypothesis.
Based on data analysis, the feasibility results test of mobile learning multimedia on material experts, media experts I and II, and trials applied toward student groups can be categorized very well. So it was concluded that mobile learning multimedia on the Adobe Photoshop Tools introductory of graphic design basic subjects was proper to be applied to the learning process.
xiv
In the next T-test analysis result of comparing from the result of pretests and posttest value that have done in first year student of Multimedia SMK Negeri 1 Kalitengah Lamongan, obtained T count greater than T table that is 5.303 > 1.603. So it can be concluded that mobile learning multimedia is effectively applied to the lesson of materials introduction Tools Adobe Photoshop in graphic design basic subjects.
Keywords: Development, Mobile Learning Multimedia, Introduction to Adobe Photoshop Tools