ANALISIS PENGETAHUAN DAN MINAT TERHADAP PENGGUNAAN KOSMETIKA SUNSCREEN PADA REMAJA USIA 19 – 23 TAHUN
ANALYSIS OF KNOWLEDGE AND INTEREST IN THE USE OF SUNSCREEN COSMETICS AMONG TEENAGERS AGE 19 – 23 YEARS
Remaja merupakan kelompok usia yang sering beraktivitas di luar ruangan dan kulitnya yang masih sensitif serta rentan terhadap efek negatif dari paparan sinar matahari. Oleh karena itu pengetahuan dan minat remaja sangat mempengaruhi dalam penggunaan kosmetika suncreen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan minat remaja dalam menggunkan kosmetika sunscreen di Desa Bungurasih. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data angket atau kuesioner melalui google form dengan objek penelitian berjumlah 45 responden dan metode analisis data menggunakan resgresi linier berganda
Berdasarkan hasil pengelolahan data dalam Tingkat pengetahuan meliputi 4 unsur yaitu Tahu (Know), dengan nilai tertinggi 53%, unsur memahami (Comprehention) dengan nilai tertinggi 62%, unsur Analisis (Analysis) dengan nilai tertinggi 60%, dan unsur Evaluasi (Evaluation) dengan nilai tertinggi 52%. serta faktor minat terdapat 3 faktor yaitu faktor budaya dengan nilai tertinggi 47%, faktor pribadi dengan nilai tertinggi 51%, dan faktor sosial 54%. Sedangkan penggunaan kosmetika sunscreen terdapat 2 indikator yaitu niat dalam menggunakan kosmetika sunscreen dengan nilai tertinggi 64%, pada indikator sikap dalam menggunakan kosmetika sunscreen dengan nilai tertinggi 69%. oleh karena itu disimpulkan bahwa remaja pada usia 19 - 23 tahun cukup mengetahui tentang kosmetika sunscreen dan sudah baik dalam pengunaan kosmetika sunscreen.
Teenagers are an age group that often do outdoor activities and their skin is still sensitive and susceptible to the negative effects of sun exposure. Therefore, teenagers' knowledge and interests greatly influence the use of sunscreen cosmetics. The aim of this research is to determine the knowledge and interest of teenagers in using sunscreen cosmetics in Bungurasih Village. This type of research is quantitative descriptive with questionnaire data collection techniques via Google Form with research objects totaling 45 respondents and the data analysis method uses multiple linear regression.
Based on the results of data processing, the level of knowledge includes 4 elements, namely Knowledge, with the highest value of 53%, the element of understanding (Comprehention) with the highest value of 62%, the element of Analysis (Analysis) with the highest value of 60%, and the element of Evaluation (Evaluation) with the highest score of 52%. and interest factors, there are 3 factors, namely cultural factors with the highest value of 47%, personal factors with the highest value of 51%, and social factors with 54%. Meanwhile, there are 2 indicators for the use of sunscreen cosmetics, namely the intention to use sunscreen cosmetics with the highest value of 64%, and the attitude indicator for using sunscreen cosmetics with the highest value of 69%. Therefore, it is.