EKSPLORASI CANDI DERMO SIDOARJO SEBAGAI PEMBELAJARAN GEOMETRI DI
SEKOLAH DASAR
EXPLORATION OF DERMO TEMPLE SIDOARJO AS GEOMETRY LEARNING IN
ELEMENTARY SCHOOL
Etnomatematika merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan antara matematika dan kebudayaan masyarakat. Candi Dermo yang menjadi salah satu peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit di Sidoarjo juga dapat ditemukan etnomatematika di dalamnya. Diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep geometri pada Candi Dermo untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi,wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini melalui empat tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan kemudian tahap analisis data. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah pengelola Candi Dermo dan tiga guru sekolah dasar dari tiga sekolah dasar di Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat konsep geometri pada Candi Dermo yang berupa bangun datar dan bangun ruang. Bangun datar yang terdapat pada Candi Dermo meliputi persegi panjang, persegi, segitiga, trapesium, belah ketupat, lingkaran serta jajar genjang. Sedangkan bangun ruang pada Candi Dermo meliputi, balok, limas segiempat, tabung serta prisma segitiga. Bangun datar yang tidak ditemukan pada Candi Dermo adalah layang-layang, sementara itu bangun ruang yang tidak terdapat pada Candi Dermo adalah kubus, kerucut dan bola. Penerapan temuan konsep geometri pada Candi Dermo dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika yang berbasis budaya di sekolah dasar.
Kata Kunci: etnomatematika, matematika, sekolah dasar, geometri, Candi Dermo
Ethnomathematics is a bridge that connects mathematics and society's culture. Dermo Temple which is one of the relics of the Majapahit Kingdom in Sidoarjo there also ethnomathematics in it. This study aims to describe the concept of geometry in Dermo Temple for mathematics learning in elementary schools using a qualitative approach. Data gathering techniques were observation, interviews and documentation. This research goes through four stages, which are the preliminary research stage, the preparation stage, the implementation stage and then the data analysis stage. The subjects involved in this study were the site guard of Dermo Temple and three elementary school teachers from three elementary schools in Sidoarjo. The results show that there is a geometric concept in Dermo Temple which are plane figure and solid figure. The plane figure found in Dermo Temple include rectangles, square, triangle, trapezoid, rhombus, circle and parallelogram. Meanwhile, the solid figure of Dermo Temple includes cuboid, rectangular pyramid, tube and triangular prism. The plane figure not found in Dermo Temple is kite, meanwhile the solid figure are cube, cone and sphere. The application of geometric concept findings at Dermo Temple can be used as an alternative to learning culture-based mathematics in elementary schools.
Keywords: ethnomathematics, mathematics, elementary school, geometry, Dermo Temple.