Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran, aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar dan respon peserta didik dalam materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan, lembar pretest dan posttest, dan angket respon peserta didik. Data dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran dalam dua pertemuan, adalah kegiatan pendahuluan sebesar 93,75%, fase 1 sebesar 100%, fase 2 sebesar 90,63% fase 3 sebesar 100%, fase 4 sebesar 93,75%, fase 5 sebesar 96,88%, dan kegiatan penutup sebesar 100%. (2) persentase aktivitas peserta didik yang relevan pada pertemuan pertama dan kedua adalah 94,44% dan 95% dalam kategori sangat baik. (3) Keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dari pretest ke posttest seperti yang ditunjukkan oleh skor rata-rata n-gain di kategori tinggi 86,11% dan kategori sedang 13,89%. (4) Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif peserta didik diperoleh persentase 94,44% dengan kategori tuntas. (5) Respon peserta didik adalah 95,28% untuk pelaksanaan inkuiri terbimbing.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan berpikir kritis, laju reaksi dan hasil belajar.
The research aims to know the implementation of the learning model, the activity of students, critical thinking skills, learning results and the response of students in reaction rate matter through the implementation of the guided inquiry learning model. The research design used is one group pretest-posttest design. Instruments used in this research are implementation observation sheet, pretest and posttest sheets, and questionnaire response's students. This research data analyzed by a descriptive quantitative method. It can be concluded that (1) the implementation of learning model in two meetings, was a preliminary activity is 93.75%, phase 1 ois100%, phase 2 is 90.63% phase 3 is 100%, phase 4 is 93.75%, phase 5 is 96.88%, and closing activities is 100%. (2) the percentage of student activity that is relevant at the first and second meetings are 94,44% and 95% in the very good category. (3) the critical thinking skill of students increases from pretest to posttest as shown by the average n-gain score in the high category of 86,11% and the medium category of 13,89%. (4) classical completeness of students' cognitive learning outcomes obtained a percentage of 94.44% which means that the learning result complete. (5) students responses is 95.28% for the implementation of guided inquiry.
Keywords: Guided Inquiry, Critical Thinking Skill, Reaction Rate, and Learning Result.