Peserta didik abad ke-21 dituntut untuk
memiliki keterampilan 4C, satu diantaranya yakni berpikir kritis.
Keterampilan tersebut perlu
dilatihkan pada peserta didik supaya mempunyai kompetensi untuk menghadapi berbagai kompleksitas masalah
kehidupan pada era informasi serta globalisasi dengan cara berpikir rasional serta
reflektif yang terfokus kepada pembuatan keputusan
mengenai apa yang diyakini serta dilakukan. Faktanya, di Indonesia keterampilan berpikir kritis pada peserta didik cukup rendah. Oleh
karena itu, perlu dikembangkan bahan ajar e-LKPD saintifik yang bisa melatihkan
keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
e-LKPD berbasis saintifik pada materi Perubahan Lingkungan untuk melatihkan
keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis, dan
efektif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Kelayakan e-LKPD dilihat berdasarkan
validitas dari telaah tiga validator, kepraktisan didapat dari keterlaksanaan
aktivitas serta angket respons dan keefektifan didapat dari ketercapaian
keterampilan berpikir kritis. Uji coba penelitian kepada 33 peserta didik kelas
X-9 SMA Negeri 1 Kebomas. Validitas ditentukan berdasarkan hasil validasi dari
tiga validator. Kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan aktivitas dan angket
respons. Keefektifan ditentukan dari ketercapaian keterampilan berpikir kritis.
Hasil validitas memperoleh rata-rata 3,61 dengan
kategori sangat valid. Keterlaksanaan aktivitas e-LKPD 1 dan 2 masing-masing
memperoleh rata-rata 92,72% dan 94,54% berkategori sangat praktis. Angket
respons mendapat rata-rata 93,63% berkategori sangat praktis. Keterampilan
berpikir kritis meningkat sebesar 27,27% dengan n-gain rata-rata yang diperoleh
0,69 dengan kategori sedang. Berdasarkan validitas, kepraktisan, dan
keefektifan dapat disimpulkan bahwa e-LKPD saintifik layak untuk digunakan.
Kata Kunci: berpikir kritis,
e-LKPD, saintifik, Perubahan Lingkungan