Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media dalam proses belajar mengajar pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme. Proses belajar mengajar di dalam kelas membuat siswa mudah merasa bosan terhadap pembelajaran. Salah satunya pada tema tanah (menanam sayuran) dalam bentuk buku cerita bergambar. Media ini merupakan media yang dapat mengelolah aspek dalam diri anak, seperti motorik, kongnitif, dan afektif anak, dengan berbagai kegiatan di dalam pembelajaran.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana langkah-langkah pengembangan buku cerita bergambar sebagai media pembelajaran pengenalan tanah dan bagaimana aktifitas pemahaman pada pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar “ayo menanam sayuran” sebagai media pembelajaran pengenalan (tanah) pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembnagan buku cerita bergambar ‘ayo menanam sayuran”sebagai media pembelajaran pengenalan tanah dan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar “menanam sayuran” sebagai media pembelajaran pengenalan (tanah) pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme.
Penelitian ini menggunakan metode Reach and Development (R&D). Proses pengumpulan data penelitian dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket atau kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dalam bentuk reduksi dan penyajian data.
Proses pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar “menanam sayuran”, yaitu diawali dengan analisis siswa dan kurikulum yang digunakan, kemudian menentukan konsep pengembangan, baik konsep kreatif maupun konsep visual. Kemudian membuat desain media buku cerita bergambar dengan membuat sketsa/thumbnail. Sketsa/thumbnail yang sudah jadi kemudian diwujudkan dalam bentuk vektor dan diberi warna sesuai dengan konsep, menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS5. Desain yang sudah dicetak kemudian dirangkai menjadi media sesuai konsep.
Proses pengembangan buku cerita bergmbar “menanam sayuran” ini juga diuji validasi media dan validasi materi oleh para ahli media dan materi. Uji validasi media yang pertama memperoleh presentase sebesar 70% dan validasi materi memperoleh presentase 82,2% dengan beberapa revisi agar buku cerita bergambar bisa diteapkan.
Hasil dari pengembangan ini berupa media buku cerita bergambar berjudul menanam sayuran yang sudah melalui validasi ke dua dengan memperoleh presentase media sebesar 92% dan materi 97,8% sehingga siap untuk di uji cobakan pada pembelajaran anak tuna grahita kelasVI SLBN Cerme. Media ini diterapkan pada anak tuna grahita kelas VI SLBN Cerme, kriteria yang diamati pada siswa adalah kegiatan siswa dengan media buku cerita bergambar, seperti membaca dan memahami gambar pada media buku cerita bergambar. Uji coba dilakukan dengan 4 orang siswa dan diperoleh hasil presentase sebanyak 93,3%. Dengan demikian penerapan media ini sangat efektif, dan siswa sangat antusias dalam melakukan setiap kegiatan dengan media buku cerita bergambar.
Kata Kunci: BukuCerita Bergambar,Media, Tuna Grahita, SLBN Cerme, Pengembangan, Tanah, Menanam Sayuran
The background of this study is the lack of media use in the teaching and learning process in class VI disabled children SLBN Cerme. The teaching and learning process in the classroom makes students easy to feel bored with learning. One of them is on the land theme (growing vegetables) in the form of a picture story book. This media is a media that can manage aspects in children, such as motoric, cognitive, and affective children, with various activities in learning.
The formulation of the problem from this study is how the steps, validation of the media and material, and the trial of the use of the development of a picture book "Let's Grow Vegetables" as a learning medium as a learning medium for mentally disabled children in SLBN Cerme. While the purpose of this study was to find out and describe the steps, media validation and material, and the trial of the use of illustrated storybooks 'let's plant vegetables' as a learning medium for the sixth graders of SLBN Cerme.
This research uses the Reach and Development (R & D) method. The process of collecting research data using observation, interviews, documentation, and questionnaires or questionnaires. While the data analysis techniques are in the form of reduction and presentation of data.
The process of developing illustrated storybook media "planting vegetables", which begins with the analysis of students and the curriculum used, then determines the concept of development, both creative concepts and visual concepts. Then make a media design illustrated storybook by sketching / thumbnailing. Sketches / thumbnails that have been created are then vectored and colored according to the concept, using the Adobe Photoshop CS5 application. The printed designs were then arranged into media according to the concept.
The process of developing the colorful storybook "growing vegetables" was also tested by media validation and material validation by media and material experts. The first media validation test obtained a percentage of 70% and material validation obtained a percentage of 82.2% with several revisions so that illustrated story books could be applied.
The results of this development in the form of illustrated storybook media entitled planting vegetables that have gone through the second validation by obtaining media percentages of 92% and 97.8% so that they are ready to be tested on learning SLBN class CBN mentally disabled children. This media is applied to mentally disabled children of class VI SLBN Cerme, the criteria observed in students are the activities of students with illustrated storybook media, such as reading and understanding images on the picture story media. The trial was conducted with 4 students and the percentage results were 93.3%. Thus the application of this media is very effective, and students are very enthusiastic in doing every activity with a picture story media media.
Keywords: Picture Story, Media, Middle Ages, SLBN Cerme, Development, Land, Planting Vegetables