BUDAYA KONSUMTIF SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI PATUNG DINDING
CONSUMPTIVE CULTURE AS AN IDEA OF CREATION WALL SCULPTURE
Budaya konsumtif merupakan konsep mengonsumsi yang tersistem pada masyarakat hari ini. Konsumsi menjadi bagian penting dalam kehidupan untuk memenuhi kebutuhan dan pendapatan, pada lain sisi konsumsi yang berlebihan, menimbulkan kecenderungan negatif. Berdasarkan pengalaman perupa melihat pergeseran budaya serta fenomena sosial, perupa tertarik untuk mengangkat budaya konsumtif sebagai ide yang di visualisasikan ke dalam karya seni patung dinding. Fokus ide penciptaan karya ini pada kecenderungan negatif dari budaya konsumtif sendiri seperti: Consumerism, Hedonisme, Shopaholic, Fanatisme, dan Social Climber. Tujuan penciptaan untuk memberikan penyadaran reflektif agar bijak dalam memilih gaya hidup. Manfaat penciptaan karya untuk meningkatkan produktivitas berkarya dan sebagai refleksi-evaluasi. Metode penciptaan karya meliputi tahap pencarian inspirasi, penggalian ide, penuangan ide, perwujudan karya. Referensi karya yang dirujuk adalah karya Claes Oldenburg, Peter Anton, Song Wei, dan karya perupa terdahulu. Bentuk deformatif makanan dipilih sebagai idiom visual dan simbolisasi ungkapan pesan. Terdapat lima karya yang diciptakan yang berjudul “Benih Impor” 150x60x30cm, “Induksi” 150x90x60cm, “Informasi Cepat Saji” 150x90x60cm, “Paket Kombo” 150x100x30cm, “Komitmen” 130x130x70cm. Karya diciptakan dengan media campuran spon eva dengan kombinasi teknik membentuk dan lukis cat akrilik.
Kata Kunci: Budaya konsumtif, patung dinding, seni
Consumptive culture is a consuming concept that is systemized in today's society. Consumption is an important part of life to meet needs and income, on the other hand, excessive consumption creates a negative tendency. Based on the experience of the artist seeing cultural shifts and social phenomena, the artist is interested in elevating consumptive culture as an idea that is visualized into a wall sculpture. The focus of the idea of creating this artwork is on the negative tendencies of the consumptive culture itself, such as: Consumerism, Hedonism, Shopaholic, Fanaticism, and Social Climber. The purpose of creation is to provide reflective awareness to be wise in choosing a lifestyle. The benefits of creating artworks to increase work productivity and as reflection-evaluation. The method of creating artworks includes the stages of finding inspiration, extracting ideas, pouring ideas, embodiment of artworks. The referenced artworks are sculpture of Claes Oldenburg, Peter Anton, Song Wei, and the artworks of previous artists. The deformative form of food was chosen as a visual idiom and a symbol for the expression of the message. There are five works that were created entitled “Benih Impor” 150x60x30cm, “Induksi” 150x90x60cm, “Informasi Cepat Saji” 150x90x60cm, “Paket Kombo” 150x100x30cm, “Komitmen” 130x130x70cm. The work was created using Eva sponge mixed media with a combination of acrylic painting and shaping techniques.
Keywords: Consumptive culture, Wall Sculpture, Art