Manusia dituntut memiliki kemampuan berpikir kreatif untuk menghadapi berbagai masalah di kehidupan. Salah satu bidang pendidikan yang mampu mendorong kemampuan berpikir kreatif siswa adalah pendidikan matematika. Berpikir kreatif merupakan kombinasi berpikir yang logis dan intuitif. Felder dan Solomon membagi tipe gaya belajar menjadi dua yaitu gaya belajar sensing dan gaya belajar intuition. Siswa dengan gaya belajar sensing cenderung berpikir secara logis sedangkan, siswa dengan gaya belajar intuition cenderung berpikir secara intuitif. Peneliti mengadakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika open-ended ditinjau dari gaya belajar sensing dan intuition. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian meliputi dua siswa dari kelas VIII SMP Negeri 2 Bojonegoro yang memiliki kemampuan matematika setara, berjenis kelamin yang sama dan masing-masing subjek mewakili gaya belajar sensing dan intuition. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket, tes soal dan wawancara. Selanjutnya data yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan tiga kriteria kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan.
Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan bahwa penyelesaian soal matematika open ended oleh siswa dengan gaya belajar sensing menunjukkan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki yaitu, mampu memberikan lebih dari satu jawaban yang beragam dan benar sehingga memenuhi kriteria kefasihan dan mampu menunjukkan lebih dari satu cara penyelesaian yang berbeda sehingga memenuhi kriteria fleksibilitas. Namun, siswa sensing belum mampu menunjukkan cara yang baru yang belum pernah diajarkan oleh guru sebelumnya, sehingga belum memenuhi kriteria kebaruan. Sedangkan siswa dengan gaya belajar intuition menunjukkan kemampuan berpikir kreatif yaitu, mampu memberikan lebih dari satu jawaban yang beragam dan benar sehingga memenuhi kefasihan, mampu menunjukkan lebih dari satu cara penyelesaian yang berbeda sehingga memenuhi kriteria fleksibilitas dan mampu menyajikan cara yang baru yang belum pernah diajarkan oleh guru sebelumnya sehingga memenuhi kriteria kebaruan.
Kata kunci : open-ended, berpikir kreatif, gaya belajar
Human required to have the creative thinking ability to face the problems in life. One field of education that is able to encourage students' creative thinking ability is mathematics education. Creative thinking is a combination of logical and intuitive thinking. Felder and Solomon divided the types of learning styles into two, sensing learning styles and intuition learning styles. Sensing’s students tend to think logically while intuition’s students tend to think intuitively. The purpose of this study was to describe junior high school students’ creative thinking ability in solving open-ended mathematics problem considered by sensing and intuition learning styles. This is a qualitative descriptive research. The subjects of this study are two students from VIII grade of SMPN 2 Bojonegoro who had equivalent math skill, same sex and each subject represented sensing and intuition learning styles. They was selected by giving questionnaire, test and interview. Then, collected data will be analized based on three creative thinking ability criteria. Those are fluency, flexibility and novelty.
The result of this research showed that the sensing’s students could give more than one different and correct answers and could give more than one different solution. So the sensing’s students occupied the fluency and flexibility criteria. But, the sensing’s students couldn’t give a new solution that has not been taught by the teacher before so the sensing’s students was not occupied the novelty criteria. While intuition’s students could give more than one different and correct answers, could give more than one different solution and could give new solution that has not been taught by the teacher before. So the sensing’s students occupied the fluency,flexibility,and novelty criteria.
Key words : open-ended,creative thinking,learning style