ABSTRAK
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN MENGHADIRKAN MASYARAKAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR TEMATIK DI SDI ROUDLOTUL HIKMAH – GRESIK
Nama : Vicky Argadinata
NIM : 14010644310
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa, dikarenakan kurangnya guru dalam memanfaatkan sarana prasarana, baik yang berada di sekolah atau di sekitar kita untuk mendukung kegiatan pembelajaran tematik dan kurangnya pemahaman guru terhadap macam – macam sumber belajar. Dalam hal ini sumber belajar yang dimaksud adalah masyarakat, sehingga apabila guru memahami dan melibatkan masyarakat sebagai sumber belajar maka pembelajaran yang berlangsung tidak akan membosankan namun akan terlihat menarik dan efektif.
Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui teknis pembelajaran yang menghadirkan masyarakat sebagai sumber belajar, untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran yang menghadirkan masyarakat sebagai sumber belajarnya dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menghadirkan masyarakat sebagai sumber belajar.
Menghadirkan masyarakat sebagai sumber belajar dirasa sangat perlu dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Roudlotul Hikmah - Gresik. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi ketercapaian motivasi siswa dan lembar tes.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada setiap siklus pelaksanaan penelitian. Hal tersebut ditunjukkan dengan presentase yang diperoleh dari ketercapaian motivasi belajar siswa pada siklus I yang memperoleh hasil presentase 63,5%, karena belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan maka dilaksanakan siklus II dan setelah siklus II dilaksanakan mencapai presentase 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menghadirkan masyarakat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV dan dapat dijadikan sebagai referensi guru dalam menggunakan sumber belajar dan merencanakan suatu pembelajaran yang efektif, menarik dan menyenangkan.
Kata Kunci : Masyarakat Sebagai Sumber Belajar
ABSTRAC
IMPROVING STUDENTS OF CLASS IV STUDY MOTIVATION BY ATTENDING COMMUNITIES AS A TEMATIC LEARNING SOURCE IN SDI ROUDLOTUL HIKMAH GRESIK
Name : Vicky Argadinata
This research is motivated by the low motivation of student learning, due to the lack of teachers is untilizing infrastructure, both those in schools or around us to support thematic learning activities and the lack of teacher understanding of the kinds of learning resources, so that if the teacher understands and engages the community as a source of learning, the learning that takes place will not be boring but will look interesting and affective.
The purpose of this study is to find out the technical learning that presents the communityas a source of learning, to find out the effect of the learning process that present the community as a source of learning and to find out students learning motivation bt presenting the community as a learning resource.
Presenting the community as a resource of learning is felt very necessary in learning to increase student learning motivation and to achieve learning goals.
The study uses classroom action research ( CAR ) which was carried out for two cycles. The subjects of this study were fourth grade students of SDI Roudlotul Hikmah - Gresik. The research instrument used was the observation sheet for achieving student motivation and the test sheet.
The result showed that there was an increase in each cycle of research implementation. This is indicated by the percentage obtained from the achievement of students learning motivation in the first cycle which gets a percentage of 63,5%, because it has not reached the determined success indicator, then the second cycle is carried out and after the second cycle it reaches 80%.
Based on the results of these stidies it can be concluded that by presenting the community can increase the learning motivation of clas IV students and can be used as a teacher reference in using learning resource and planning an effective and enjoyable learning.
Keywords : Society as a learning resource