MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 9 SURABAYA
INTRINSIC AND EXTRINSIC MOTIVATION OF EXTRACURRICULAR VOLLEYBALL STUDENTS AT SMP NEGERI 9 SURABAYA
Motivasi adalah suatu dorongan yang dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu yang dituju maupun yang diinginkan. Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti melihat adanya kenaikan dalam peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 9 Surabaya dari tahun 2022. Kegiatan ekstrakurikuler bolavoli diadakan 1x dalam seminggu, para siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler selalu mengikuti latihan tersebut pada hari selasa tanpa melewatkan satu latihanpun untuk tidak hadir, hal ini membuktikan bahwa siswa mempunyai ketertarikan dan dorongan yang kuat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 9 Surabaya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 9 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey, yang datanya diambil dengan angket. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa SMP Negeri 9 Surabaya yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 juni 2023 di SMP Negeri 9 Surabaya, dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian ini dalam faktor motivasi intrinsik menunjukan bahwa siswa ekstrakurikuler bola voli di SMP Negeri 9 Surabaya dalam kategori Sangat Tinggi sebesar 57% (17 siswa) Baik sebesar 43% (13 siswa) Kurang 0% (0 siswa) Sangat Kurang 0% (0 siswa), sedangkan dalam motivasi ekstrinsik berkategori Sangat Tinggi sebesar 23,3% (7 siswa) baik sebesar 60% (18 siswa) Kurang sebesar 16,7% (5 siswa) Sangat Kurang sebesar 0% (0 siswa). Hasil ini menunjukan bahwa siswa ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 9 Surabaya memiliki dorongan yang sangat penting baik dari dalam diri maupun dari luar. Hasil analisis menunjukan bahwa motivasi intrinsik lebih tinggi sebesar 57% berkategori Sangat Tinggi sedangkan motivasi ekstrinsik sebesar 60% berkategori tinggi, hal ini menunjukan bahwa motivasi intrinsik dan ekstrinsik sama sama penting untuk terus mendorong siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli.
Kata Kunci : Motivasi, ekstrakurikuler, bolavoli
Motivation is an encouragement that a person has to do something that is intended or desired. The background of this study is that the researcher saw an increase in extracurricular bolavoli participants at SMP Negeri 9 Surabaya from 2022. Volleyball extracurricular activities are held 1x a week, students who take part in extracurricular activities always attend these exercises on Tuesdays without missing a single exercise not to attend, this proves that students have a strong interest and encouragement in participating in volleyball extracurricular activities at SMP Negeri 9 Surabaya. The purpose of this study was to determine the level of intrinsic and extrinsic motivation of extracurricular volleyball students at SMP Negeri 9 Surabaya. This study uses a quantitative descriptive type using a survey method, whose data is taken with a questionnaire. This study involved all students of SMP Negeri 9 Surabaya who participated in extracurricular volleyball activities totaling 30 students. This research was conducted on June 20, 2023 at SMP Negeri 9 Surabaya, using the total sampling technique. The results of this study in the intrinsic motivation factor show that volleyball extracurricular students at SMP Negeri 9 Surabaya are in the Very Good category by 57% (17 students) Good by 43% (13 students) Less 0% (0 students) Very Less 0% (0 students), while in extrinsic motivation in the Very Good category by 23.3% (7 students) Good by 60% (18 students) Less by 16.7% (5 students) Very Less by 0% (0 students). These results indicate that extracurricular volleyball students at SMP Negeri 9 Surabaya have a very important drive both from within and from outside. The results of the analysis show that intrinsic motivation is higher at 57% in the very good category while extrinsic motivation is 60% in the good category, this shows that intrinsic and extrinsic motivation are equally important to continue to encourage students to take part in extracurricular volleyball activities.
Keywords: Motivation, extracurricular, volleyball