Mendukung perjuangan produktif dalam belajar matematika merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran matematika (NCTM, 2014:518). Perjuangan produktif yang dilakukan peserta didik akan menuntun peserta didik dalam memecahkan masalah. Tahap pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahap pemecahan masalah Schoenfeld, dengan memanfaatkan geogebra maka tahap implementasi dan tahap verifikasi dapat digabungkansehingga menjadi lima tahap pemecahan masalah yaitu reading,analysis,exploration,planning, implementation and verification. Geogebra juga turut membantu peseta didik dalam tahap implementation and verification pada penelitian ini.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan perjuangan produktif yang dilakukan peserta didik dalam memecahkan masalah grafik fungsi kuadrat dengan memanfaatkan geogebra.Subjek pada penelitian ini sebanyak empat kelompok dengan masing-masing kelompok berisi 4-5 peserta didik kelas IX-H SMP Negeri 1 Gresik yang diambil berdasarkan perjuangan produktif terbanyak pada masing-masing masalah. Teknik analisis data dilakukan dengan observasi rekaman aktivitas peserta didik, menganalisis hasil tes grafik fungsi kuadrat, transkrip geogebra, serta hasil wawancara peserta didik berdasarkan indikator perjuangan produktif peserta didik.
Hasil dan analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok K-1 mengalami 3 kali perjuangan produktif selama memecahkan masalah terkait pembuatan fungsi kuadrat dengan syarat terbuka ke bawah dan memotong sumbu-Y, kelompok K-2 mengalami 8 kali perjuangan produktif dankelompok K-3 mengalami 3 kali perjuangan produktif serta 3 kali perjuangan tidak produktif selama memecahkan masalah terkait pengkostruksian aturan untuk nilai a, b, dan c pada , kelompok K-4 mengalami 3 kali perjuangan produktif dan 1 kali perjuangan tidak produktif selama memecahkan masalah terkait pengujian aturan untuk nilai a, b, dan c pada fungsi kuadrat. Dari 14 perjuangan produktif yang dilakukan peserta didik, 5 diantaranya diawali dengan kesalahan dan keraguan yang dialami peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik menyusun rencana baru untuk membuat grafik fungsi kuadrat yang terbuka ke bawah (K-1), merekonstruksi aturan untuk nilai a, b, dan c pada fungsi kuadrat (K-2), dan mengoreksi kesalahan (K-4). Sedangkan 9 perjuangan produktif lainnya diawali dari kesadaran peserta didik untuk memecahkan masalah, meliputi menciptakan interpretasi bahwa setiap grafik fungsi kuadrat memotong sumbu-Y di titik tertentu (K-1 dan K-2), menyederhanakan masalah (K-3 dan K-4), mengubah strategi pembuatan fungsi kuadrat (K-1 dan K-3), merekonstruksi aturan untuk nilai maksimum(K-3), dan menciptakan aturan untuk nilai a, b, dan c pada fungsikuadrat(K-2).
Kata kunci: perjuangan produktif, pemecahan masalah, grafik fungsi kuadrat
Supporting productive struggles in learning mathematics is an important component in learning mathematics. Students’ productive struggles will guide students in solving mathematics. The problem solving phase that used in this research is Schoenfeld’s problem solving phase and by utilizing geogebra, the implementation and verification stages can be combinedthat become five stages of problem solving those are reading, analysis, exploration, planning, implementation and verification.
The type of the research is descriptive qualitative research that aims to describe students’ productive struggles in solving problems of graphs of quadratic functions by utilizing geogebra.The participants in this study are four groups which containing 4-5 students’ of SMPN 1 Gresik in 9-H grade, taken based on the most productive struggle in each problem.Data analysis techniques are carried out by observing video recording of students’ activities, analyze the results of the quadratic function graph test, geogebraic transcript, and the results of students’ interviews based on the indicators of the productive struggles of students.
The results of data analysis in this research indicate that K-1 making 3 productive struggles in solving problem which related to make graphs of quadratic function provided that it opens down and cuts the Y-axis , K-2 making 8 productive struggles and K-3 making 3 productive struggles also 3 unproductive struggle in solving problem which related to construct rules of the graph for values of a, b, and c , K-4 making 3 productive struggles and 1 unproductive struggle in solving problem which relatedto test the correctness of the rules. From fourteen productive struggles made by students, five productive struggles are begin with students’ errors and doubts in solving problem which causes students to develop new plan to make an opens down of graph of quadratic function (K-1), to reconstruct rules for value of a, b, and c in quadratic function (K-2), and to correct an error (K-4). While, 9 productive struggles are begin with students’ awareness to solve the problem, includes creating new information that every quadratic function is have an intersect with Y-axis (K-1 and K-2), simplifying the problem (K-3 dan K-4), changing strategy to make a quadratic function (K-1 dan K-3), reconstructing rules for maximum value (K-3), and creating rules for value of a, b, and c in (K-2).
Keywords: productive struggle, problem solving, graph of quadratic function