MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGAR UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MENGGUNAKAN VIDEO POWTOON
IMPROVING LISTENING SKILLS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL USING POWTOON VIDEO
Mendengarkan adalah salah satu komponen dasar yang dapat membantu kita dalam belajar atau dalam keseharian kita. Seperti yang kita semua tahu, keterampilan mendengarkan adalah kemampuan penting bagi siswa karena memungkinkan kita untuk belajar bagaimana mengucapkan kata-kata dan mempersiapkan diri untuk berinteraksi dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Powtoon sebagai media alternatif meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa, dan untuk mengetahui sikap apa yang dimiliki siswa terhadap pembelajaran mendengarkan melalui Powtoon sebagai media alternatif karena belum ada yang menulis tentang keefektifan powtoon untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quantitave, karena ini untuk mencapai tujuan yaitu tanggapan siswa terhadap video PowToon untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan di sekolah menengah pertama dan efektivitas penggunaan video PowToon untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan di sekolah menengah pertama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tanggapan siswa terhadap video Powtoon untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan di SMP dan efektivitas penggunaan video Powtoon untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan di SMP. Hasil dari penelitian ini adalah video Powtoon tidak memberikan signifikansi terhadap keterampilan mendengarkan siswa SMP tetapi video Powtoon menjadi metode yang menarik dan menyenangkan.
Listening is one of the basic components that may help us in learning or in our daily life. As we all know, listening skill is a crucial ability for students since it allows us to learn how to pronounce words and prepares ourselves to interact with others. The purpose of the study is to investigate whether using PowToon as an alternative media enhances students’ listening skills, and to find out what attitudes the students have towards learning listening through PowToon as an alternative media because no one has written about the effectiveness of PowToon to improve listening skills. The method used in this study is quantitative, because this is to achieve the objectives of students' responses to PowToon videos to improve listening skills in junior high school and the effectiveness of using PowToon videos to improve listening skills in junior high schools. The goals of this study are to look for student’s responses to the PowToon video for improving listening skills for junior high school and effectiveness using PowToon video for improving listening skills for junior high school. The result of this study is PowToon video does not bring significance to the listening skills of junior high school students but PowToon video become an interesting and fun method.